”Kenapa Ayah Selalu Muncul di Televisi?”

Ant, CNN
- Kamis, 4 Juni 2020 | 00:11 WIB
SM/Antara : MENANGIS: Roxie Washington, mantan istri George Floyd yang juga ibu dari Gianna Floyd (kiri), menangis saat jumpa pers, baru-baru ini. (42)
SM/Antara : MENANGIS: Roxie Washington, mantan istri George Floyd yang juga ibu dari Gianna Floyd (kiri), menangis saat jumpa pers, baru-baru ini. (42)

Kematian George Floyd (46) meninggalkan duka bagi keluarganya. Mereka menuntut keadilan bagi Floyd, yang kematiannya memicu protes dan kerusuhan besar di berbagai kota di Amerika Serikat, bahkan di negara-negara lain.

KETIKA Roxie Washington menyampaikan pidatonya dalam konferensi pers singkat di Balai Kota Minneapolis, Gianna Floyd (6) yang mengenakan kemeja putih, sepatu tenis, dan celana jins biru berdiri berdampingan dengan ibunya. Tampak sesekali kerutan muncul di wajah bocah berusia enam tahun itu. ”George Floyd sangat mencintai putrinya,” kata Washington tentang perasaan Floyd untuk Gianna, putri mereka. ”Aku di sini untuk putriku. Aku di sini untuk George karena aku menginginkan keadilan baginya, karena dia baik. Tidak peduli apa pun yang dipikirkan orang, dia adalah orang baik,” tuturnya.

Roxie Washington didampingi oleh pengacara keluarga dan teman dekat keluarga Stephen Jackson, mantan pemain National Basketball Association, yang membawa Gianna ke dalam gedung. ”Mengapa kita harus melihat rasa sakitnya? Aku di sini untuk mendapatkan keadilan bagi saudaraku. Entah bagaimana, kita akan mendapatkannya,” kata Jackson. George Floyd bukan warga asli Minneapolis. Ia lahir di North Carolina dan sempat tinggal di Houston, Texas. Tetapi, beberapa tahun lalu ia memutuskan pindah ke Minneapolis untuk mencari pekerjaan.

Pria yang kerap disapa Big Floyd karena tubuhnya yang tinggi dan besar itu sempat menikah dengan Roxie Washington dan memiliki seorang putri yang diberi nama Gianna. Washington mengenang mantan suaminya itu sebagai ayah yang baik. Mereka bekerja sama untuk menjadi orang tua terbaik bagi Gianna. Sementara, di Minneapolis, Floyd telah menemukan kekasih bernama Courteney Ross. Washington mengaku patah hati ketika tahu Floyd tewas di tangan polisi.

Dia menegaskan, Floyd tidak pantas mati tertelungkup di trotoar, di bawah tekanan sejumlah polisi. Sambil menggenggam erat tangan Giana, Washington mengatakan ingin agar para polisi yang terlibat dalam kematian Floyd dihukum setimpal atas pembunuhan itu. Washington menyampaikan, kepergian Floyd berpengaruh bagi hidupnya dan putrinya. ”Di pengujung hari, mereka (polisi) pulang dan bertemu keluarganya. Gianna tidak memiliki ayah. Floyd tidak akan pernah melihat Gianna tumbuh, lulus sekolah, Floyd tidak akan pernah mengantarkan Gianna ke altar,” ujar Washington dikutip dari Dailymail.

Wanita itu mengaku sangat bingung ketika mendengar kabar Floyd meninggal. Ia tidak tahu bagaimana cara menyampaikannya pada Gianna. Ketika itu Gianna tengah menonton televisi. Ia bertanya kenapa nama ayahnya selalu disebut-sebut dan terus muncul di televisi. Kemudian, ia ingin tahu bagaimana Floyd meninggal. ”Hal yang bisa saya sampaikan kepadanya adalah dia (Floyd) tidak bisa bernapas,” ujar Washington. Sementara itu, saudara laki-laki Floyd, Terrence, meminta para pengunjuk rasa berhenti melakukan kekerasan. ”Dia (George) tidak ingin kalian melakukan ini,” katanya.

Minneapolis pun perlahan-lahan mulai tenang. Namun kondisi berbeda terjadi di kota-kota lain di seluruh wilayah AS. Pengunjuk rasa sama sekali tidak mematuhi pemberlakuan jam malam dan tetap turun ke jalan pada tengah malam hingga pagi. Jam malam diberlakukan sebagai upaya untuk meredam kerusuhan yang sudah pecah selama tujuh sejak kematian George. Dilansir CNN, Selasa (2/6), keluarga Floyd dan banyak wali kota serta gubernur mendukung aksi protes, tetapi mereka juga mengutuk penjarahan dan kerusuhan di berbagai kota. Pada hari ketika Terrence Floyd memohon pengunjuk rasa berdamai, Presiden AS Donald Trump justru mengambil sikap agresif untuk menghadapi pendemo. Dia mengancam akan melibatkan angkatan bersenjata jika para gubernur dan wali kota tidak bisa meredam situasi yang bergejolak.

Editor: Teguh Wirawan

Tags

Terkini

Arab Saudi Umumkan Aturan Umrah Bagi Jamaah Luar Negeri

Selasa, 30 November 2021 | 15:09 WIB

Arab Saudi Izinkan 6 Negara Masuk, Termasuk Indonesia

Jumat, 26 November 2021 | 12:39 WIB
X