Cekal Covid-19, Relawan Diaspora Indonesia di AS Jahit Masker

- Kamis, 14 Mei 2020 | 12:00 WIB
Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

ARIZONA, suaramerdeka.com - Sebagian diaspora Indonesia yang menetap di Amerika Serikat tidak tinggal diam menghadapi kondisi pandemi Covid-19 di negara dengan jumlah kasus terbanyak di dunia. Dengan diorganisasi Dompet Dhuafa USA Inc. Mereka berkontribusi memproduksi masker kain untuk dibagikan ke masyarakat.

Ada sebanyak 10 orang relawan yang berasal dari negara bagian yang berbeda, yakni dari Arizona, Arkansas, Kansas, dan Maryland. Dalam projek ini, Dompet Dhuafa USA menyediakan bahan berupa kain katun, tali elastik, dan lainnya untuk pembuatan masker. Para relawan yang memiliki mesin jahit sendiri tersebut berkontribusi tanpa imbalan.

"Kami sangat bersyukur karena masih banyak orang-orang peduli seperti para relawan yang mau meluangkan waktu untuk menjahit masker kain ini. Selanjutnya kita bagikan ke yang membutuhkan," kata Irwan Saputra, Executive Director Dompet Dhuafa USA Inc.

Irwan menjelaskan bahwa masker tersebut akan dibagi-bagikan ke diaspora Indonesia yang ada di Amerika Serikat. Selain itu, mereka juga membagikan ke warga negara Amerika Serikat yang tidak bisa mendapatkan masker.

"Para relawan kita rata-rata orang yang memiliki kesibukan lain seperti bekerja. Jadi untuk tahap awal ini, kita sudah produksi hampir 700 pcs masker kain. Kemudian kami bagikan lima masker per keluarga. Di sini tidak semudah mendapatkan masker kain seperti di Indonesia, jadi, walau tidak banyak, masker tersebut akan bermanfaat," jelas Irwan.

Salah satu relawan yang berasal dari negara bagian Arizona, Wahyu Lestari, menyatakan bahwa ia mau berkontribusi memproduksi masker tersebut karena kepedulian melihat kondisi penyebaran pandemi Covid-19 di AS yang sangat parah. "Semoga masker-masker ini dapat membantu mencegah dan mengurangi penyebaran Covid-19 ini di AS," ungkap Wahyu yang juga bekerja sebagai Associate Professor Aerospace Engineering di Embry-Riddle Aeronautical University, di Arizona.

Salah seorang penerima yang tinggal di wilayah Virginia, Novita Sari, mengungkapkan bahwa masker kain tersebut sangat bermanfaat baginya dan keluarga pada saat ke luar rumah, terutama untuk berbelanja. "Kami tidak punya mesin jahit untuk buat sendiri. Jadi masker kain dari Dompet Dhuafa ini sangat bermanfaat bagi kami," ujar Novita.

Editor: Andika

Tags

Terkini

Presiden Serbia: Djokovic dapat Informasi Menyesatkan

Senin, 17 Januari 2022 | 18:18 WIB
X