Kim Yo Jong Digadang-gadang Gantikan Kim Jong Un

Red
- Kamis, 23 April 2020 | 01:50 WIB
SM/afp - BERTEMU DELEGASI KORSEL : Adik pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Kim Yo Jong (kiri), saat bertemu dengan delegasi Korsel. (45)
SM/afp - BERTEMU DELEGASI KORSEL : Adik pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Kim Yo Jong (kiri), saat bertemu dengan delegasi Korsel. (45)

PYONGYANG, suaramerdeka.com - Nama Kim Yo Jong akhir-akhir ini menjadi perbincangan seiring dengan kabar sang kakak yang sakit berat. Adik Kim Jong Un ini digadanggadang akan menggantikan sang kakak jika terjadi kemungkinan paling buruk. Banyak media yang memperkirakan bahwa Kim Yo Jong merupakan kandidat kuat pengganti Kim Jong Un.

Kim Yo Jong merupakan adik perempuan Kim Jong Un yang lahir pada 26 September 1988. Dia pernah menempuh sekolah di Swiss bersama sang kakak dengan penjagaan yang ketat. Dia lulus dengan gelar sarjana ilmu komputer pada 2007 dan dikabarkan pernah menempuh pendidikan di Im Il- Sung Military University.

Adapun kehidupan pribadi Kim Yo Jong ditutup rapat oleh Korea Utara sebagai bentuk perlindungan. Namun dikabarkan dia sudah menikah dengan Choe Song pada 2014 yang merupakan putra dari Choe Ryong Hae, tangan kanan dari Kim Jong Un.

Pemimpin Korea Utara tersebut sering meminta nasihat mengenai kekuasaannya kepada mertua sang adik. Kim Yo Jong dijuluki sebagai ratu public relation di Korea Utara. Perempuan 31 tahun itu juga sebagai garda terdepan untuk membangun citra sang kakak.

”Untuk melihat anggota keluarga Kim secara langsung seperti itu sangat tidak biasa bagi orang Korea Selatan, sehingga tidak mengejutkan mereka terpesona oleh Kim Yo Jong” kata Jean Lee, mantan kepala biro Pyongyang untuk kantor berita Associated Press.

Berpengaruh

Dia juga merupakan salah satu anggota dari komite yang paling berpengaruh di Korea Utara yakni politbiro. Yang bersangkutan masuk ke politbiro menggantikan Kim Kyong Hui yang tak lain adalah bibinya. Setelah masuk ke komite ini, ia bertugas sebagai salah satu penasihat politik.

Dia bertugas sebagai pemoles citra sang kakak dengan memberi masukan agar Kim Jong Un mengunjungi tempattempat umum demi terciptanya kesan positif.

Ia juga menjabat di Departemen Propaganda dan Agitasi Korea Utara. Cucu dari pendiri Korea Utara ini juga pernah menginjakkan kaki di Korea Selatan saat menjadi utusan dalam perhelatan Olimpiade Musim Dingin pada 2018 di Pyeongchang, Korea Selatan.

Halaman:

Editor: Imron Rosadi

Tags

Terkini

Cegah Obesitas Siswa, SMA di Meksiko Terapkan Cara Ini

Minggu, 5 Februari 2023 | 20:54 WIB

Memanas, AS Tembak Jatuh Balon Mata-mata China

Minggu, 5 Februari 2023 | 08:36 WIB
X