KBRI Den Haag Promosikan 36 Varietas Specialty Coffee Indonesia di Belanda

- Sabtu, 4 September 2021 | 12:00 WIB
Dubes RI untuk Belanda, Mayerfas memberi sambutan dalam acara Indonesia Coffee Cupping 2021. (suaramerdeka.com / dok)
Dubes RI untuk Belanda, Mayerfas memberi sambutan dalam acara Indonesia Coffee Cupping 2021. (suaramerdeka.com / dok)

DEN HAAG, suaramerdeka.com - KBRI Den Haag mempromosikan 36 varietas kopi khas Indonesia dalam acara Indonesia Coffee Cupping 2021 kepada calon pembeli (buyers) dan importir di Den Haag, Belanda.

Ke-36 varietas kopi tersebut diproduksi 22 petani kopi dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Sumatera, Jawa, dan Papua.

Selain buyers dan importir, peserta acara Coffee Cupping yang totalnya mencapai lebih dari 50 orang juga terdiri dari Barista, Cuppers, Coffee Vloggers, dan media.

Acara juga dihadiri secara virtual oleh ke-22 petani kopi dari Indonesia.

Baca Juga: Jelang PON XX Papua, Pengurus dan Karyawan Ziarah ke Makam Mantan Ketua KONI Jateng

Dalam acara tersebut, para peserta mengevaluasi rasa setiap varietas kopi melalui teknik cupping dan berdiskusi dengan para petani.

Menurut Duta Besar (Dubes) RI untuk Belanda, Mayerfas, acara Coffee Cupping kali ini dilaksanakan KBRI Den Haag untuk menyediakan wadah bagi para petani untuk bertemu dengan importir dan roasters di Belanda di tengah pandemi Covid-19.

“Walaupun Covid-19 membatasi pergerakan dan aktivitas perdagangan, kita tidak boleh berhenti untuk mempertemukan dan mempromosikan produsen kopi Indonesia dengan calon pembeli dari Belanda. Melalui Coffee Cupping, para petani dapat berinteraksi langsung dengan buyers, roasters, dan peserta lainnya meskipun secara virtual,” jelas Dubes Mayerfas.

Selain promosi, KBRI Den Haag juga memfasilitasi ke-22 petani kopi untuk mendapatkan sertifikat Cupping berdasarkan tes yang dilakukan di laboratorium pada setiap biji kopi (green beans) yang dikirimkan oleh para petani.

Baca Juga: Harapan Menpora pada PON XX: Lahirkan Talenta-talenta Berprestasi Tingkat Internasional

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Selamat! Putri Bill Gates Resmi Menikah Secara Islam

Minggu, 17 Oktober 2021 | 16:09 WIB
X