Pemimpin Baru Chelsea

- Sabtu, 29 Agustus 2020 | 00:11 WIB
SM/Instagram : Thiago silva
SM/Instagram : Thiago silva

LONDON, suaramerdeka.com - Kedatangan Thiago Silva ke Chelsea dinilai sangat menguntungkan Chelsea yang tengah membangun ulang tim mereka jelang musim anyar. Sebagai salah satu bek tengah paling disegani di Eropa dalam waktu yang lama, Silva dibutuhkan untuk menambal rapuhnya lini belakang The Blues. Musim lalu di Liga Inggris, pasukan Frank Lampard kebobolan 54 gol yang menjadikan mereka sebagai tim 10 besar paling rapuh.

Bayangkan saja, jumlah kebobolan ini bahkan lebih banyak dari tim macam Wolverhampton Wanderers (40 kali kebobolan), Sheffield United (39), dan Burnley (50). Ketiga tim tersebut semuanya berada di 10 besar. Bahkan Crystal Palace yang berada di peringkat ke-14 memiliki pertahanan lebih baik dengan hanya 50 kali kebobolan. ‘’Dia adalah bek tengah hebat yang memiliki penempatan posisi yang sangat baik, dan punya banyak pengalaman di dunia sepak bola,’’ujar mantan pemain Barcelona, timnas Brasil, dan pemain terbaik dunia, Rivaldo sebagaimana dikutip Sportskeeda.

Meski tak muda lagi, segera berusia 36 tahun, kemampuan mantan pemain AC Milan ini tak patut dipertanyakan. Bukan hanya soal teknik, pengalaman akan menjadikannya pemimpin alami di Chelsea, sebagaimana di setiap tim yang pernah dibela. Barangkali hanya karena bahasa Inggris yang belum lancar, peran itu akan dimainkan pelan-pelan.

Pria kelahiran Rio de Janeiro tersebut adalah pemimpin sejati. Sejak di AC Milan, tim yang begitu dicintai, ban kapten pernah tersemat di lengannya. Pada hari pertama berseragam PSG, ia langsung menjadi bos bagi rekanrekannya di lapangan. Pun demikian di timnas Brasil.

Ban Kapten

Bersama chelsea, bisa jadi ia tak akan langsung menjadi kapten. Akan tetapi status pemimpin pasti akan langsung disematkan. Ban kapten diprediksi tetap akan diemban Cesar Azpilicueta. Dengan wakil kapten Jorginho, yang rawan tergeser, peluang Silva menggantikan Azpilicueta setidaknya dalam beberapa pertandingan akan sangat terbuka.

Pada musim lalu di Ligue 1, dengan Silva di jantung pertahanan, PSG hanya rata-rata kebobolan 0,63 gol per pertandingan. Plus 12 clean sheet dalam 21 pertandingan. Meskipun gagal membawa PSG juara Liga Champions, musim 2019-2020 tetaplah musim mengesankan bagi Les Parisiens. Silva mengakhiri sewindu petualangan bersama PSG untuk menjajal Liga Primer Inggris bersama chelsea. Dia didatangkan secara gratis setelah kontraknya di Paris kedaluwarsa. “Saya sangat senang bergabung dengan Chelsea,” ucap Silva setelah menandatangani kontrak semusim dengan opsi perpanjangan 12 bulan.

“Saya gembira menjadi bagian dari skuad Frank Lampard untuk musim depan dan saya di sini untuk menerima tantangan,” lanjut pemain yang menyumbangkan 26 trofi bagi klub-klub yang diperkuatnya. “Setelah tampil di level tertinggi selama bertahuntahun, kami yakin dengan pengalaman dan kualitasnya akan melengkapi pemain-pemain bertalenta yang sudah kami miliki di sini,” ujar Direktur Chelsea, Marina Granovskaia.

Editor: Andika

Tags

Terkini

Liga Inggris: Arsenal Menang 3-1 Atas Aston Villa

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 04:35 WIB
X