• KANAL BERITA

Sofbol Putri Fokus Peningkatan Fisik

LATIHAN BERSAMA: Pemain sofbol putri Jateng saat menjalani latihan bersama di Lapangan Sofbol/Bisbol Prof Dumadi Unnes, beberapa waktu lalu. (suaramerdeka.com / Krisnaji Satriawan)
LATIHAN BERSAMA: Pemain sofbol putri Jateng saat menjalani latihan bersama di Lapangan Sofbol/Bisbol Prof Dumadi Unnes, beberapa waktu lalu. (suaramerdeka.com / Krisnaji Satriawan)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Tim sofbol putri Jateng akan difokuskan pada peningkatan fisik pada awal program latihan persiapan menghadapi PON XX Papua, Oktober mendatang. Saat ini, 22 pemain telah menjalani desentralisasi latihan di daerah masing-masing. Tiap akhir pekan Jumat-Minggu, para pemain menjalani latihan bersama di Lapangan Sofbol/bisbol Unnes, untuk mendapatkan evaluasi dari tim pelatih.

''Untuk awal persiapan, tim sofbol putri Jateng lebih menitik beratkan pada persiapan umum yang meliputi peningkatan fisik, stamina, dan ketahanan. Kendati masih desentralisasi, pemain tiap akhir pekan berlatih bersama. Dari situ, kami akan mengevaluasi perkembangan mereka. Sehingg, bisa memberi program latihan mandiri,'' tutur Pelatih tim sofbol putri PON XX Jateng Osa Maliki di Semarang, Selasa (21/1).

Selain peningkatan fisik, stamina, dan ketahanan, Osa juga akan memperbaiki teknik dasar permainan bagi pemain. Sepeti teknik lemparan pitcher (pelempar bola) yang masih harus ditingkatkan untuk kecepatan dan ketepatan. Selain itu, juga meningkatkan teknik pukulan untuk batter (pemukul bola). Dua posisi ini sangat menentukan dalam sebuah tim sofbol.

''Kami juga masih melakukan promosi-degradasi bagi pemain hingga tiga bulan jelang PON XX Papua nanti. Intinya, kami masih mencari pemain terbaik meski sudah ada seleksi pemain pada Desember 2019 lalu. Semua posisi baik pitcher dan batter akan terus kami pantau dan evaluasi perkembangannya,'' tutur Osa yang juga Kabid Binpres Pengprov Persatuan Bisbol dan Sofbol Amatir Seluruh Indonesia (Perbasasi) Jateng itu.

Setelah fase persiapan umum, tim akan memasuki persiapan khusus yakni pematangan strategi. Pihaknya juga merancang uji coba dengan tim sofbol putri. ''Untuk pesaing, DKI Jakarta, Jabar, Jatim, dan Papua masih yang terberat. Tapi kami optimistis tim putri Jateng bisa bersaing dengan empat daerah tersebut,'' tandas dosen Universitas PGRI Semarang itu.


(Krisnaji Satriawan /CN26/SM Network)