• KANAL BERITA

Satu Klik, Kurang dari Tiga Menit Polisi Datang

Peluncuran Aplikasi Jogo Wargo Jogo Negoro

SEMARANG - Aplikasi berbasis teknologi informatika yang diberinama Jogo Wargo Jogo Negoro-New Smile Police menjadi solusi cepat masyarakat di Jawa Tengah saat mengalami kejadian yang berhubungan dengan keamanan dan kenyamanan. Sebab, dengan aplikasi yang dapat diunduh melalui playstore yang tersedia di ponsel berbasis android, masyarakat bisa melaporkan dan laporan tersebut akan langsung ditindaklanjuti oleh anggota polisi yang berada terdekat di lokasi kejadian tersebut.

"Hanya dengan satu klik (memencet tombol yang ada di aplikasi tersebut-red), kurang dari tiga menit polisi dipastikan akan datang ke lokasi tersebut," ungkap jenderal bintang dua tersebut, saat peluncuran aplikasi yang tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) tersebur, kemarin. Adapun, lanjut dia, aplikasi tersebut sudah terintegrasi secara langsung dengan 35 Polres di wilayah hukum Polda Jateng. Sehingga warga yang sudah mengunduh aplikasi tersebut dapat menggunakannya di seluruh wilayah hukum Polda Jateng. Terkait torehan tersebut, lanjut dia, sebenarnya bukan pencaiapan tersebut yang menjadi prioritas. Namun yang paling utama adalah aplikasi tersebut dapat bermanfaat dan memberikan pelayanan cepat terhadap masyarakat khususnya di Jawa Tengah. "Sebetulnya yang kami targetkan bukan masalah rekor Muri, akan tetapi kualitas pelayanan terhadap masyarakat semakin mudah, semakin cepat, semakin aman dan semakin nyaman. Mudah-mudahan masyarakat bisa merasakan kehadiran polisi kapan saja, dimana saja di seluruh Jawa Tengah," ujarnya.

Dalam peluncuran aplikasi yang juga dihadiri Pimpinan Redaksi Suara Merdeka Gunawan Permadi, Kapolda membeberkan, selain digunakan untuk melapor atau meminta bantuan. Masyarakat juga dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk memantau pengaduan yang disampaikan.

"Aplikasi ini juga menyediakan pelayanan terkait lalu lintas," jelasnya. Adapun Kapolda memastikan, kalau aplikasi ini tidak akan disalahhunakan karena data masyarakat yang mengunduh dipastikan validitasnya. "Pengguna aplikasi ini akan mencantumkan nomor induk kependudukan saat registrasi, dengan demikian bisa dipastikan tidak akan disalahgunakan," ungkapnya. Kapolda menambahkan, masyarakat yang menggunakan aplikasi tersebut sudah banyak. Hingga kemarin pada pukul 06.00 tercatat sudah ada 93.456 kali diunduh. "Alhamdulillah di Google Playstore pagi tadi nomor urut enam terbanyak yang diunduh di seluruh dunia. Pada tiga hari lalu (9/10) sempat nomor satu," jelasnya.

Seperti diketahui, aplikasi Jogo Wargo Jogo Negoro di Google Playstore bisa diakses seluruh jajaran polres dan terintegrasi dengan berbagai instansi seperti DPRD, Pemprov Jateng, Damkar, Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Pelayanan tersebut meliputi fitur Panic Button, e-Learning, e-Babinkamtibmas, Trust e-Complain, e-Police, e-Tilang dan e-Smart. Sementara itu peluncuran aplikasi tersebut meriah. Ribuan warga hadir dalam peluncuran tersebut. Kemeriahan semakin bertambah saat Didi Kempot, penyanyi campur sari yang kembali naik daun tersebut bernyanyi untuk menghibur seluruh warga yang hadir.

 

 

 

 

 


(Imam Supriono/CN47/SM Network)

Komentar