Peserta dari 23 Negara Berminat Ikuti Balap Sepeda Gunung

PEMALANG - Sejumlah peserta dari 23 negara berminat mengikuti lomba balap sepeda gunung di Pemalang. Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Agung Dewanto mengatakan, lokasi penyelenggaraan lomba di Desa Jurangmangu, Kecamatan Pulosari.

”Sudah ada 23 negara yang konfirmasi untuk ikut balap sepeda gunung yang sudah kami agendakan,” kata Agung saat rapat anggota tahunan (RAT) KONI di Hotel Winner Pemalang, kemarin.

Ia menjelaskan, ketertarikan para pembalap sepeda dari luar negeri itu muncul setelah digelar lomba balap sepeda gunung Bupati Cup 2019 pada Juni silam.

Saat itu, lomba digelar di Jurangmangu Adventure Village (JAV) dan berjalan lancar. Meski sirkuit jauh dari keramaian kota, lanjut dia, saat penyelenggaraan event Bupati Cup itu, diikuti banyak peserta. Sejumlah sponsor juga ikut mendukung kegiatan tersebut.

Cukup Menantang

Menurut Agung, sirkuit balap sepeda gunung di Jurangmangu sudah standar dan cukup menantang. Di sana beberapa nomor balap sepeda gunung bisa dilombakan, antara lain cross country, downhill dan enduro. Sirkuit Jurangmangu berlatar belakang hutan pinus dan kebunkebun milik warga.

Lokasi sirkuit berada di lereng Gunung Slamet dan merupakan bagian dari usaha milik Badan Usaha Milik Desa Jurangmangu. ”Kami sudah mulai siapkan untuk menggelar lomba, persiapan terutama pada sirkuit akan disempurnakan. Sebab, beberapa waktu yang lalu semak-semak di sekitar sirkuit terbakar,” jelas Agung. (K40-48)


Berita Terkait
Tirto.ID
Loading...
Komentar