Buntut Masak Kecap Favorit Keluarga

PRAKTIS dan mudah, itulah kunci memasak ala Arbani Sepyana Atmasari (41). Sari, begitu ia akrab disapa, mengaku lebih senang menyiapkan menu simple untuk keluarga, seperti salah satu makanan favorit keluarganya yaitu “Buntut Masak Kecap”.

Mengacu dari beberapa resep hasil berselancarnya di situssitus online, pemilik Ar-Bani Madinah Wisata itu mengkombinasi masakan tersebut sesuai dengan selera keluarga. Dia sengaja tidak menggunakan beberapa rempah yang tidak disukai anggota keluarganya.

Mengingat pentingnya kesehatan, ibu tiga anak itu tak segan menggunakan bahan-bahan organik. ‘’Awalnya saya mencari resep dari situs-situs onlin. Lalu saya kombinasikan dengan citar rasa selera keluarga. Tidak lupa, bahan-bahan organik saya gunakan,’’ ujarnya.

Berbahan dasar buntut sapi, olahan makanan favorit keluarga tersebut dipadukan dengan berbagai bumbu. Seperti bawang putih, bawang bombay, buah pekak atau bunga lawang, kecap manis, garam, merica, dan gula aren. Tak ketinggalan, irisan tomat untuk menambah cita rasa.

Di rumahnya Jalan Mintojiwo Timur 11 Gisikdrono Semarang Barat, istri Bayu Prayogo itu menunjukkan cara untuk mengolah “Buntut Masak Kecap” itu. Langkah pertama yaitu merebus buntut sapi sampai empuk. Untuk mempersingkat waktu, bahan dasar tersebut dapat dipresto sekitar 15 menit. Sementara itu, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan buntut sapi dan air rebusannya.

Sebagai perasa, tak lupa tambahkan kecap, merica dan gula aren. Masak hingga bumbu meresap dan air sedikit menyusut. Terakhir, masukkan irisan tomat dan menu andalan pun siap disajikan. Menurutnya, tidak ada bumbu-bumbu rahasia dalam makanan bercita rasa gurih dan manis itu.

Pemilihan bahan makanan yang segar dan takaran bumbu yang tepatlah yang membuat menu olahannya menjadi enak dan disukai keluarga. ‘’Terpenting, memilih bahan makanan yang segar. Ini ikut berpengaruh pada olahan makanan. Cita rasa akan menjadi lebih berbeda,’’ ungkapnya. (Hendra Setiawan- 53)


Berita Terkait
Loading...
Komentar