Kapolda Pastikan Situasi Aman

Kabar Demo di Solo Hoaks

SM/Heru Susilo - CEK PPK : Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono dan Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI M Effendi berbincang dengan petugas PPK Sukoharjo saat berkunjung, Kamis (19/4).(55)
SM/Heru Susilo - CEK PPK : Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono dan Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI M Effendi berbincang dengan petugas PPK Sukoharjo saat berkunjung, Kamis (19/4).(55)

SEMARANG - Kapolda Jateng Inspektur Jenderal Condro Kirono memastikan situasi pasca Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Jawa Tengah kondusif. ”Hingga saat ini situasi di Jawa Tengah setelah pemungutan suara kami pastikan kondusif.

Kami akan terus memantau supaya semua aman terkendali,” ungkap jenderal bintang dua tersebut setelah rapat koordinasi dengan Forkompimda Jateng di rumah dinas Gubernur Jateng di Jalan Gubernur Budiono, Gajahmungkur, kemarin.

Condro juga mengungkapkan, kabar demo besar-besaran setelah pemungutan suara di Solo seperti 1998 silam tidak benar. ”Itu hoaks. Tidak ada demo itu dan situasi Solo juga kondusif. Kami minta masyarakat tenang, kami beri jaminan keamanan,” tandasnya. Kapolda juga membeberkan, kabar hoaks diduga sengaja disebarluaskan untuk membenturkan pihaknya dengan TNI.

”Itu ingin memecah belah TNI dengan Polri. Kami selalu bersinergi dan terus melakukan pemngamanan bersama di TPS dan baik-baik saja,” jelasnya. Polda tidak meningkatkan pengamanan, namun puluhan ribu anggota masih terus berkoordinasi dan melakukan pantuan.

”Kondusif sekali, jadi tidak ada hal-hal yang membuat harus anggota pengamanan ditingkatkan. Kami berharap kondisi ini terus berlanjut dan masyakarat bisa melakukan aktivitasnya seperti sebelumnya. Kembali membaur tidak ada kata pendukung ini atau pendukung itu, kembali saling merangkul satu sama lain,” ungkapnya.

Tetap Berjaga

Sementara itu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, untuk menjaga kondusivitas di Jawa Tengah, TNI dan Polri akan terus berjaga. ”TNI dan Polri tetap berjaga, masyarakat bisa tetap tenang.

Jangan percaya berita hoaks, ada info seram seolah akan terjadi yang mengerikan. Pak Kapolda dan Pak Pangdam (Pangdam IV Diponegoro Mayor Jenderal Mochammad Effendi-red) habis dari Solo Raya, tidak ada apa-apa yang mau berlibur silakan berlibur,” ungkapnya. Dalam kesempatan itu, Ganjar mengimbau kepada masyakarat di Jawa Tengah untuk saling menyejukkan suasana. Sebelumnya, Kapolda dan Pangdam IV Diponegoro melakukan kunjungan ke PPK Sukoharjo, Kamis (18/4).

Kapolda mengapresiasi rakyat Jawa Tengah yang sudah menggunakan hak pilih serta tetap menjaga persatuan dan kesatuan, meski beda dalam pilihan. Pihaknya berharap situasi tersebut tetap dijaga dan dirawat. Kapolda juga mengatakan, saat ini sudah saatnya bagi TNI-Polri, pemerintah untuk bersama-sama bersama dengan warga menjaga persatuan dan kesatuan. (K44,H46-41)


Berita Terkait
Baca Juga
Loading...
Komentar