Bawa Resep Resto ke Rumah

INGIN makanan enak rasa Eropa, tidak melulu harus ke restoran. Makanan jenis, spagheti, lasagna, pizza, dan lain-lain bisa disajikan di rumah. Begitu juga chicken gordon bleu yang disajikan Bintang di rumahnya Jalan Murtimulyo Nomor 26, Muktiharjo Indah, Kota Semarang.

Pria bernama lengkap Hega Bintang Pratama Putra (22) ini adalah koki muda yang pernah menggeluti dunia kuliner. Kakak Devanada Bulan Aldizza (20) ini pernah membuka Rstoran Pasta Factory di Tembalang, Semarang. Namun karena harus melanjutkan kuliah S-2 Ilmu Teknologi Pangan UGM, untuk sementara dia meninggalkan bisnis itu. Keahlian memasak pun dia terapkan saat berakhir pekan pulang ke rumah.

Chicken gordon bleu merupakan makanan yang paling sering dia masak saat berkumpul dengan keluarga. Bahan yang tidak terlalu sulit dan cara memasak yang praktis menjadi pertimbangan dia. "Biasanya pulang ke Semarang dua pekan sekali. Saat di rumah iseng-iseng memasak.

Ya lumayanlah, sambil terus mengasah kemampuan memasak," ujar putra pasangan Setyo Agung Nugroho dan Hening Wismandani ini.

Setyo Agung Nugroho merupakan pengusaha yang juga manajer Tim Sepak Bola PSIS Semarang. Bahan-bahan yang perlu disiapkan, antara lain satu potong dada ayam, garam secukupnya, lada (merica) secukupnya, satu iris keju cheddar, 1 iris daging sapi. Lalu tepung terigu secukupnya, satu butir telur ayam, tepung panir secukupnya, minyak goreng secukupnya. Cara membuatnya, dada ayam diiris melebar, bumbui dengan garam dan lada.

Letakkan satu iris ham sapi dan satu iris keju di atas dada ayam. Kemudian dada ayam ditutup kembali. Taburi dada ayam dengan tepung terigu, kemudian celupkan dalam kocokan telur ayam. Terakhir, baluri dengan tepung roti hingga seluruh permukaan ayam tertutup rata. Panaskan oven hingga 175 derajat Celcius. Perciki ayam dengan minyak goreng, lalu panggang selama 20 menit atau sampai dengan ayam matang merata. Kalau di rumah tidak ada oven, ayam juga bisa juga digoreng dengan teflon. "Resep ini bisa disajikan bersama potato wedges dan sayur rebus, seperti wortel serta buncis, yang akan menambah kenikmatan bersantap," ujar Bintang. (Hendra Setiawan-53)


Berita Terkait
Loading...
Komentar