Belajar Resep Menu Hotel

Menjadi general manager hotel berbintang di Kota Semarang mengharuskan Danang Triwidyantoro jauh dari rumah. Paling cepat, bapak dua anak itu baru bertemu keluarganya di Surabaya sepekan sekali. Sehari-hari dia harus menghabiskan waktu di Kota Lunpia.

Di sela-sela kesibukan sebagai GM Hotel Grandhika, Danang memasak berdasar resep menu makanan di hotelnya. Salah satunya spaghetti chicken balsamic sauce yang belum lama ini diluncurkan di Kapolagha Restaurant.

Restoran itu berada di lantai satu hotel. ''Kadang-kadang ingin makan makanan masakan sendiri. Tentu saya minta diajari dulu oleh Chef Criscentianus Widyo,'' ujar Danang. Dia pun tertarik spaghetti chicken balsamic sauce.

Menurut dia, makanan yang masuk kategori makanan barat itu mudah dan cepat dimasak. Meski simpel, masakan itu punya cita rasa tinggi, terutama saus balsamic-nya. Saus itu berasal dari Italia. Aslinya dari kawasan Modena dan Regio Emilia. Saus itu berwarna cokelat kemerahan, berbentuk cair, dan dikemas dalam botol kaca berdesain unik.

Aromanya asam tajam dengan cita rasa asam segar, yang merupakan hasil fermentasi jus anggur yang dimasak hingga susut. Bukan berasal dari bahan cuka seperti umumnya cuka masak. Cuka itu tergolong bahan makanan klasik karena sudah diproduksi sejak abad pertengahan.

Cuka itu memiliki rasa asam segar yang enak dan banyak dipakai untuk saus daging, saus salad, atau penambah rasa asam alami dalam sop. Spaghetti chicken balsamic sauce berbahan utama ayam yang digoreng dengan sedikit minyak dan diberi saus balsamic. Ayam dihidangkan dengan pasta spageti aglio olio beserta salad.

Pasta dan daging ayam dimasak terpisah, baru setelah matang dihidangkan bersamaan. Bahan yang perlu disiapkan adalah minyak zaitun hitam, dada ayam, saus balsamic, gula merah.

Lalu minyak zaitun, spageti pasta, cabai kering, garam, lada hitam, dan buah tomat sebagai penyegar. Memasak makanan itu hanya butuh waktu antara lima dan 10 menit.''Ini sebenarnya juga untuk mencicipi resep chef, mana yang kurang dan mana yang jadi daya tarik. Jadi saya bisa mengerti apa yang dirasakan para pengunjung,'' tutur dia. (Hendra Setiawan-53)

Bahan Spaghetti Chicken Balsamic Sauce
- Minyak zaitun hitam
- Dada ayam
- Saus balsamic
- Gula merah
- Minyak zaitun
- Spageti pasta
- Cabai kering
- Garam
- Lada hitam
- Buah tomat


Berita Terkait
Loading...
Komentar