190 Pebulu Tangkis Bertarung

Kejurkot PBSI Surakarta

SM/Setyo Wiyono : IKUTI KEJURKOT : Dua pebulu tangkis bertanding pada Kejurkot PBSI Surakarta yang didukung Djarum Foundation di GOR Sinar Kasih, kawasan Kadipiro, Solo, Kamis (21/3). (51)
SM/Setyo Wiyono : IKUTI KEJURKOT : Dua pebulu tangkis bertanding pada Kejurkot PBSI Surakarta yang didukung Djarum Foundation di GOR Sinar Kasih, kawasan Kadipiro, Solo, Kamis (21/3). (51)

SOLO - Sebanyak 190 pebulu tangkis Solo dari berbagai usia bertarung di GOR Sinar Kasih, kawasan Kadipiro, Banjarsari, Kamis-Sabtu (21-23/3).

Mereka beradu performa untuk menjadi yang tertangguh pada ajang Kejuaraan Kota (Kejurkot) Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Surakarta 2019 yang didukung Djarum Foundation. ”Mereka bersaing dalam sepuluh kelompok umur (KU) yang dipertandingkan. Berdasarkan perkiraan kami, persaingan terketat di kelompok tunggal usia dini putra dan tunggal anak putra. Sebab peserta di dua kelompok itu paling banyak,” kata Sany Astuti, panitia, Kamis (21/3).

Selain dua KU tersebut, kelompok lain yang digelar adalah tunggal prausia dini putra, tunggal usia dini putri, tunggal anak putri, tunggal pemula putra, tunggal pemula putri, tunggal remaja putra, ganda anak putra, dan ganda pemula putra. ”Ada beberapa KU yang tidak dipertandingkan, karena jumlah pesertanya tidak memenuhi limit minimal delapan orang. Ada mendaftar hanya empat atau enam orang dalam satu KU, seperti di tunggal remaja putri dan ganda putri, sehingga tidak dipertandingkan,” tambah Sany.

Sembilan Klub

Dia mengungkapkan, para pebulu tangkis yang bertanding itu berasal dari sembilan klub di Kota Bengawan, yakni PB PMS, PB Purnama, PB Panorama, PB Jaya Raya Solo, PB Obsesi, PB Kirun Jaya, PB Catur Sari, Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMP1 Surakarta, dan PB Solo. ”Peserta paling banyak dari PB Purnama yang mencapai 52 orang, disusul PB PMS 40 orang. Sementara peserta paling sedikit dari PB Solo tiga orang dan KKO SMP1 lima orang,” ungkap Sany.

Dia memperkirakan, persaingan antarklub dalam kejuaraan tersebut bakal berlangsung ketat. Pada ajang serupa tahun lalu, gelar juara umum disabet PB PMS. Namun pada kejurkot kali ini, menurutnya, PB Jaya Raya Solo dan PB Purnama juga memiliki sejumlah pebulu tangkis muda yang cukup tangguh. Hari pertama kejuaraan itu dijadwalkan menyelesaikan partai-partai penyisihan hingga 32 dan 16 besar, sesuai jumlah peserta pada masingmasing kelompok. Pada hari kedua, skedulnya menyelesaikan fase 16 besar dan delapan besar. ”Semifinal dan final akan digelar pada hari terakhir atau Sabtu (23/3),” jelas Sany. (D11-51)


Berita Terkait
Loading...
Komentar