Peziarah Berasal dari Berbagai Kalangan

SM/Zulkifli Z Fahmi  -  PEPALI KI AGENG SELO : Tujuh pepali atau nasehat Ki Ageng Selo dipasang di papan dekat Masjid Jami Ki Ageng Selo.
SM/Zulkifli Z Fahmi - PEPALI KI AGENG SELO : Tujuh pepali atau nasehat Ki Ageng Selo dipasang di papan dekat Masjid Jami Ki Ageng Selo.

HAMPIR setiap malam Jumat dan hari-hari tertentu makam Ki Ageng Selo selalu didatangi para peziarah. Mereka tidak hanya datang dari wilayah Kabupaten Grobogan saja. Kebanyakan, mereka datang dari luar daerah.

Mereka yang datang tidak hanya warga atau masyarakat biasa saja. Bisa dibilang, hampir seluruh kalangan dan tingkat sosial masyarakat juga berziarah di sana. Dari pejabat, keluarga dari kerajaan atau keratin, maupun masyarakat biasa berdatangan disana.

Salah satu peziarah asal Kudus, Akrom mengatakan mereka berziarah untuk mendoakan dan mengenang perjalanan tokoh penyebar agama Islam. Perjuangannya tak hanya dirasakan warga di Grobogan, namun juga hampir di seluruh pulau Jawa.

Menurut Abdul Rohim (55), juru kunci Makam Ki Ageng Selo menjelang Ramadan, jumlah peziarah bisa meningkat pesat. Biasanya, kenaikan itu dimulai sekitar Syaíban (penanggalan arab) atau Ruwah (penanggalan Jawa).

Pada bulan-bulan itu, jumlah peziarah bisa meningkat hingga tiga atau empat kali lipat. ”Kalau dari Keraton Surakarta Hadiningrat biasanya hadir pada 15 Ruwah untuk nyadranatau berziarah kubur di Makam Ki Ageng Selo.

Hampir seluruh keluarga dari keratin akan datang dan ada acara sakral di sini,” katanya. Selain itu, pada serangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Grobogan, pemerintah Kabupaten Grobogan juga mengagendakan ziarah kubuh di makam-makam leluhur.

Satu di antara makam yang masuk dalam agenda ziarah kubuh adalah makam Ki Ageng Selo. ”Kami mengajak masyarakat untuk tidak melupakan sejarah bangsa dan daerah.

Ki Ageng Tarub dan Ki Ageng Selo ini merupakan kakek buyut dari para raja di tanah jawa. Jadi cikal bakal kerajaan di jawa bermula dari Grobogan,” kata Bupati Grobogan, Sri Sumarni. (53)


Berita Terkait
Loading...
Komentar