Bandeng Go International

SM/Hendra Setiawan - MEMASAK BANDENG : Nancy Nancy Kristanti Halim saat memasak bandeng teriyaki, belum lama ini. (53)
SM/Hendra Setiawan - MEMASAK BANDENG : Nancy Nancy Kristanti Halim saat memasak bandeng teriyaki, belum lama ini. (53)

IKAN Bandeng tidak hanya enak dipresto, digoreng dan dibakar saja. Ikan bernama Biologi Chanos chanos ini bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan bercitarasa internasional. Seperti bandeng teriyaki, bubur bandeng, sarden bandeng, hingga soto bandeng.

S ebenarnya ikan bandeng tidak kalah dengan ikan salmon. Baik dari segi rasanya maupun kandungan gizi dan Omega 3 nya. Namun, kenapa ikan bandeng sulit go internasional, seperti halnya ikan salmon,'' ujar Nancy Kristanti Halim (74), pendiri Nature Mart di Jalan Dokter Cipto Nomor 74, Semarang ini.

Soal harga, ikan bandeng jauh lebih murah dibandingkan ikan salmon yang disebut-sebut ikan kekinian. Bagi wanita yang akrab disapa Cik Nancy ini, harga inilah yang menjadi keunggulan ikan salmon. Ikan bandeng pun bisa diekspor bila pengolahannya lebih baik. Namun, berbagai persyaratan harus dipernuhi.

Dimulai dari pembibitan dan pemeliharaannya, harus dilakukan dengan baik. Jangan sampai nanti bandeng berbau lumpur. Bau inilah yang sering dikeluhkan oleh pembeli dan penikmat bandeng. Kemudian penangkapan ikan bandeng. Sebaiknya ditangkap malam hari saat ikan bandeng tidur.

Saat tidur ini, membuat bandeng tidak panik. Saat ditangkap empedu tidak pecah, kalau pecah maka toksin akan keluar dan mempengaruhi rasa bandeng. ''Setelah ditangkap, sebaiknya langsung diproses.

Durinya bisa langsung dicabut dan dikemas dengan rapi. Dengan begitu akan meningkatkan kualitas bandeng dibandingkan hanya ditangkap seperi biasanya,'' ujarnya, saat ditemui di Nature Mart, belum lama ini.

Dia menjelaskan per 100 gram (gr) bandeng presto memiliki kandungan protein sebesar 17,1 gram. Ini dapat memenuhi kebutuhan protein tubuh dalam sehari. Dalam sehari rata-rata tubuh membutuhkan sekitar 50 gr protein. Dalam 100 gr, bandeng presto juga memiliki lemak sebesar 20,3 gram.

Kandungan lemak ini baik untuk tubuh karena juga memiliki turunan asam lemak omega 3 berupa ERA, EPA, dan DHA. Asam lemak ini terkenal dapat meningkatkan kecerdasan otak. Kandungan EPA dan DHA juga dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah sehingga mencegah serangan jantung koroner.

Asam lemak ini juga bersifat hipokolesterolemik yang dapat menurunkan kadar kolesterol. ''Bagi ibu hamil, asam lemak ini baik untuk pertumbuhan sistem saraf, otak dan kecerdasan janin serta mencegah depresi. Asam lemak tidak jenuh ini baik untuk kecerdasan otak anak, mencegah depresi terutama bagi ibu hamil," ujarnya. (Hendra Setiawan,-53)


Berita Terkait
Tirto.ID
Loading...
Komentar