Sayur Becek untuk Keluarga

TUNJUKAN SAYUR BECEK : Bupati Grobogan Sri Sumarni menunjukan menu sayur becek yang disajikan. (53)
TUNJUKAN SAYUR BECEK : Bupati Grobogan Sri Sumarni menunjukan menu sayur becek yang disajikan. (53)

BIARPUN menjadi orang nomor satu di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Grobogan, Sri Sumarni tak melupakan kodratnya sebagai perempuan, ibu dan nenek. Bupati Grobogan itu tetap mencoba menyenangkan cucu dan menantu dengan masakan bikinannya.

Sebisa mungkin, Isti Subadi (alm) itu selalu menyempatkan waktu membuat sarapan dan makan siang untuk cucunya. Dengan memasak sendiri, ibu dari Indri Agus Velawati itu bisa memastikan asupan gizi yang didapatkan cucu tercintanya.

Ada beberapa masakan yang selalu disajikan Sri Sumarni untuk cucunya itu, sayur lodeh, sayur becek, garang asem dan pecel gambringan. Terkadang, Sri Sumarni juga memasak kepiting saus asam pedas untuk memanjakan menantunya.

"Kadang-kadang, keluarga besar itu kalau habis dari acara tertentu datang mampir ke sini. Mereka selalu meminta dibikinkan sayur becek. menantu saya kadang-kadang juga mampir sehabis menjemput anak-anaknya.

Kepiting saus asam pedas ini kesukaannya," kata Sri Sumarni, baru-baru ini. Bukan tanpa alasan, Sri Sumarni membuat sayur becek. Selain menjadi menu favorit keluarga besarnya, sayur becek merupakan makanan khas Grobogan.

Hajatan

Dari sudut historis, sayur becek dulunya hanya bisa dijumpai di acara-acara hajatan warga, terutama di pedesaan, seperti saat acara mantenan (pesta pernikahan) dan khitanan.

Sayur becek dihidangkan untuk jamuan para tamu. Sayur becek khas Grobogan ini berbeda dengan nasi becek dari Kabupaten Ngajuk, Jawa Timur. Bahan-bahannya pun juga berbeda. Nasi becek atau sega becek cenderung seperti gulai kambing dan berasa asin.

Namun, sayur becek Grobogan menggunakan daging sapi dan kuahnya cenderung bening Bahan-bahan sayur becek Grobogan, yakni daging atau iga sapi dengan bumbu-bumbu meliputi bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, dan cabe.

Dikombinasi dengan daun kedondong dan daun dayakan, sayur becek membuahkan sensasi kelezatan kuliner tradisonal yang khas dan segar dengan rasa asem dan pedas yang mendominasi. Penyajiannya dilengkapi dengan kacang tolo sebagai lalapan dan tempe yang digoreng kering.

Biasanya, sayur becek ini disajikan terpisah dengan nasi putihnya. Kalau di warung-warung, biasanya dimasak balungan. Tapi, saya kalau masak dagingnya dipotong dadu. Saya lebih suka begini, biar tidak kesulitan makannya. (Zulkifli Zainudin Fahmi-53)


Berita Terkait
Baca Juga
Loading...
Komentar