Lupa Makan Buah, Sajikan Es Bolo-Bolo

SM/Hendra Setiawan : BOLO-BOLO : Krisseptiana Hendrar Prihadi saat menyajikan Es Bolo-Bolo pada sebuah acara di Halaman Balai Kota Semarang, belum lama ini.(53)
SM/Hendra Setiawan : BOLO-BOLO : Krisseptiana Hendrar Prihadi saat menyajikan Es Bolo-Bolo pada sebuah acara di Halaman Balai Kota Semarang, belum lama ini.(53)

Tidak Semua anak suka makan buah, termasuk tiga putra pasangan Hendrar Prihadi-Krisseptiana. Namun, istri wali kota Semarang ini, punya cara unik agar tiga anaknya tertarik dan berselera ketika melihat buah.

Buah-buah itu diolah menjadi minuman yang menyegarkan. Inovasi wanita yang akrab disapa Tia itu tidak berhenti sampai di situ. Dia pun menamai minuman yang berisi potongan melon, blewah, semangka itu dengan nama es bolo-bolo. Dinamakan bolo-bolo, agar mudah diingat dan mudah disebutkan anak-anak. ‘’Bolo dalam bahasa jawa artinya teman. Melon dan temantemannya (bolo-bolonya) sesama buah dijadikan satu, menjadi minuman. Rasanya yang manis membuat seluruh anggota keluarga suka,’’ ujarnya.

Bahan-bahan yang disapkan dalam membuat es bolo-bolo, yakni susu cair (pilih yang rendah lemak). Kemudian agar-agar bubuk, bubuk jeli instan, gula pasir, dan air. Buah yang biasa disapkan, yakni melon hijau, blewah, dan semangka, yang dipotong bulat. ‘’Untuk sirup, memakai gula pasir dan daun pandan yang direbus hingga mendidih, kemudian didinginkan,’’sambungnya.

Cara membuatnya, masak bahan bolo-bolo terlebih dahulu. Campurkan air dengan bubuk agar-agar dan jeli, rebus sambil diaduk. Masukkan gula pasir sambil terus diaduk dengan api kecil. Menjelang mendidih, masukkan susu. Masak hingga mendidih, langsung matikan api. Tuang bahan bolo-bolo ke dalam cetakan es batu. Dinginkan sejenak lalu sisihkan.

Masak bahan sirup. Rebus semua bahan hingga mendidih. Sisihkan hingga dingin. Masukkan potongan buah, bolobolo yang sudah berbentuk, dan es batu ke dalam gelas sajian. Siram dengan sirup pandan yang sudah dingin. Sajikan segera selagi dingin. ‘’Kalau es bolo-bolo buah biasanya disajikan saat sore. Karena begitu pulang selesai dari aktivitas di luar, biasanya butuh yang segar dan dingin,’’ungkapnya. (Hendra Setiawan,-53)


Berita Terkait
Baca Juga
Loading...
Komentar