Sayur Lodeh yang Bikin Rindu

SM/Hendra Setiawan : Krisseptiana Hendrar Prihadi
SM/Hendra Setiawan : Krisseptiana Hendrar Prihadi

SEBAGAI Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi selalu dihadapkan dengan jadwal yang padat. Tak jarang, pria yang akrab disapa Hendi ini makan siang di berbagai tempat. Meski pernah mencicipi masakan dari berbagai daerah, bahkan dari negara lain, namun, favoritnya tetap satu, yakni sayur lodeh tahu. Sayur lodeh tahu buatan sang istri, Krisseptiana, selalu membuatnya rindu untuk pulang ke rumah.

Menurut penuturan sang istri, wali kota punya cara unik menikmati sayur ini, yakni makan tanpa menggunakan nasi. Jadi seolah-olah menjadi hidangan penutup. ”Sehabis luar kota, kalau mau pulang, sudah telpon dulu minta dibuatkan sayur lodeh tahu. Biasanya dimakan bersama anak-anak. Biasanya nasinya dihabiskan dulu, baru kemudian makan sayur lodehnya,” ujar wanita yang akrab disapa Tia itu.

Dia bercerita, sejak dari dulu, sayur lodeh tahu ini merupakan salah satu masakan jawa kegemaran di keluarga. Resepnya berasal dari ibu, yang didapatkan karena sering membantu memasak. Bila biasanya rasanya gurih, sayur lodeh keluarganya cenderung manis. ”Karena keluarga jawa yang lebih suka rasa manis, maka sayur lodeh condong ke manisnya. Apalagi ada kacang panjangnya yang manis, sayurnya jadi manis,” tambah ibu tiga anak itu.

Cara membuatnya pun tidak sulit. Pertama, tahu putih yang dipotong sesuai selera, digoreng hingga bagian luar menggering. Kemudian kacang panjang yang dipotong-potong. Tak lupa, dan juga wajib, yakni santan kelapa. Daun salam dan daun jeruk sebagai penyegar. Bahan-bahan lain yang perlu disiapkan, lengkuas, bawang merah, bawang putih, capai rawit, cabai merah besar yang dibuang isinya. Garam dan gula secukupnya, ditambah dengan kaldu ayam. ”Saat memasak, perlu disiapkan dulu bumbu-bumbunya. Sebelum dihaluskan, goreng bawang merah, bawang putih dan cabai hingga matang. Haluskan bumbu bersama garam, gula dan kaldu ayam bubuk menggunakan cobek agar rasanya semakin mantap,” ujarnya.

Kemudian panaskan 50 ml air hingga mendidih. Masukkan bumbu ke dalam air. Masukkan kacang panjang ke dalam bumbu, masak hingga kacang empuk, setengah matang. Masukkan santan kelapa dan kaldu ayam secukupnya. Masak hingga mendidih dan koreksi rasa. ”Ketika rasa sayur lodeh sudah pas, aduk dan masak hingga mendidih. Angkat sayur yang sudah matang, sajikan,” ungkapnya. (Hendra Setiawan-53)


Berita Terkait
Baca Juga
Loading...
Komentar