Kepercayaan dan Kejujuran, Kunci Sukses Usaha

TIDAK ada yang menduga jika di balik sosoknya yang sering berdandan santai tersebut, sebenarnya dia merupakan Youtuber ternama asal Gunungpati, Semarang. Muhammad Abdul Wahid (31), itulah namanya. Pria berpostur ‘’makmur’’ dengan tinggi sekitar 165 sentimeter tersebut, akrab disapa dengan Mas Wahid.

Dia menjadi terkenal setelah membuat program channel khusus di Youtube bernama ”Memburu Mobil Impian”. Program itu dirintisnya sejak setahun lalu. Dia mengaku, awalnya tidak menduga kalau akan mendapatkan pesanan untuk mencarikan mobil oleh salah satu Subscriber-nya.

Sebenarnya, Mas Wahid pada mulanya hanya berniat menjadi seorang Youtuber yang ingin membagikan hal-hal bermanfaat terkait bidang yang dikuasainya. Unggahan di Channel Youtube yang dibuat olehnya, pertama kali bercerita mengenai Tutorial ”Cara Belajar Setir Mobil”.

Mulai dari mobil manual hingga matic. Tutorial itu dibuatnya pada 2015. Unggahan tersebut, didasarkan atas pengalamannya yang pernah menjadi instruktur mengemudi di Kota Semarang.

Dia bercerita, setelah menggugah tutorial tentang seluk-beluk ”Cara Belajar Setir Mobil” secara lengkap, sempat kebingungan untuk pengembangannya. Lantas terpikirlah untuk menyajikan tutorial lainnya, yang masih berkaitan dengan mobil. Kemudian, dia mulai melanjutkan dengan membuat tutorial cara merawat mobil, ganti oli, hingga mengganti filter udara dan ban.

”Saya menjadi semangat, setelah mengetahui tutorial yang pertama kali diunggah menembus angka 100.000 Subscriber lebih. Setelah berkaitan dengan cara mengemudi mobil, saya lalu mengulas hal-hal yang berkaitan dengan cara merawat mobil,” ujar dia.

Tutorial

Terpikir kembali olehnya, saat seseorang telah mengetahui cara menyetir dan merawat mobil, maka tahapan berikutnya tentu saja membeli mobil. Dia pun memilih membuat tutorial cara membeli mobil bekas dengan harga sesuai budget dan berkondisi bagus. Alasannya, menurut Mas Wahid, setiap orang berhak membeli mobil.

Hanya saja, tidak semua orang dapat membeli mobil baru, yang harganya sudah pasti jauh lebih mahal. ”Saya coba ulas secara komplet, mulai dari harga mobilnya, kondisi mesin dan body, hingga suratsuratnya. Beberapa waktu kemudian setelah uggahan itu, saya di WAseorang Subscriber yang mengaku bernama Icha asal Kebumen.

Dia minta saya, agar mencarikan mobil bekas yang akan dibelinya. Hal yang membuat terkejut bukan karena permintaannya itu. Namun, karena dia langsung mentrasnfer uang Rp127 juta. Padahal, sama sekali belum pernah bertemu dan berbicara lewat telepon.

Semua percakapan murni dilakukan via WA,” paparnya, yang mulai antusias bercerita. Icha, kata dia, minta dicarikan mobil dengan spesifikasi Yaris atau Jazz, harus matic dan berwarna putih, keluaran mobil di atas 2009, dengan harga di bawah Rp130 juta. Padahal, pada waktu itu harga pasaran mobil dengan spesifikasi ini berkisar pada angka Rp150 juta.

”Ini justru menarik. Saya merasa tertantang untuk dapat memenuhi permintaannya itu. Apalagi, dia memberikan kepercayaan yang besar kepada saya. Buktinya adalah mentransfer langsung uang untuk pembelian mobil tersebut dan meminta saya yang membayarnya.

Sebelum-sebelumnya, jika ada yang minta mencarikan mobil, saya hanya tunjukkan spesifikasi yang diinginkannya. Sementara untuk negosiasi dan pembayaran, saya serahkan langsung kepada orangnya,” ucapnya. Setelah tiga hari berkeliling beberapa daerah di Jawa Tengah, Mas Wahid justru mendapatkan mobil yang sesuai di Kota Semarang. Mobil Yaris matic keluaran 2011 dengan harga Rp124 juta.

Mobil tersebut kemudian diservis dan ganti oli. Kisah mengejutkan tersebut, diunggah olehnya di channel youtube pada 30 Juni 2017 dengan judul ”Memburu Mobil Impian”. Termasuk booming, karena hingga saat ini sudah ditonton sebanyak 585.920 kali. ”Saya langsung antarkan mobilnya, begitu dapat, yakni setelah Lebaran 2017. S

aya memang tidak mau menyimpan mobil itu, untuk menghindari risiko yang tidak terduga. Selain itu, saya tidak mau menyia-nyiakan seseorang yang telah menaruh kepercayaan besar kepada saya,” papar dia. (ary-34)


Berita Terkait
Baca Juga
Loading...
Komentar