Kiat-Kiat Menjadi Youtuber yang Baik

KISAHNYA yang berkeinginan menjadi seorang Youtuber dimulai sejak 2012. Pada waktu itu, internet sedang gencar-gencarnya digandrungi generasi muda karena merupakan teknologi yang tengah ngetren. Bahkan, kursus terkait pengelolaan konten-konten youtube kepada tiga guru dijalaninya, supaya memperoleh ilmu yang mumpuni.

Dia adalah Muhammad Abdul Wahid (31), Youtuber yang kemudian dikenal sebagai penggagas Program ”Memburu Mobil Impian”. Pria yang dikenal dengan nama Mas Wahid tersebut mencoba menuturkan kisahnya lebih lanjut, sekaligus ingin membagikan kiat-kiatnya agar seseorang dapat menjadi Youtuber yang baik. Semua diawali pada saat kondisi ekonominya belum semapan saat ini.

Dia masih merupakan seorang mahasiswa yang baru saja menyelesaikan kuliahnya di jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Negeri Semarang (Unnes) pada 2009. Dirinya sempat mengenyam profesi guru, yang mengajar di beberapa sekolah seperti SD Islam Al Azhar 14 Semarang dan SMP Nasima Semarang. Namun, dia merasa bahwa sepertinya itu bukan dunianya sehingga memutuskan resign.

Dia kemudian merasa bahwa teknologi internet dapat menjadi jalan baginya untuk meningkatkan perekonomiannya. Ilmu-ilmu tutorial yang didapatkannya melalui Youtube, kemudian dirasa mampu memberi banyak ilham baginya untuk lebih mudah dalam mengais rezeki. Dia mengaku sempat bikin tutorial download film, edit foto serta video, dan software musik.

Namun, justru kemudian mendapatkan banyak Viewer dan Subscriber saat mengunggah pelatihan menyetir pada tiga tahun lalu. Hasilnya, Mas Wahid kini dikenal sebagai seorang Youtuber yang memberikan bermacammacam ulasan terkait mobil. Mulai dari belajar menyetir, merawat mobil, review mobil, hingga mencari mobil bekas dengan harga terjangkau dan berkondisi bagus.

Ulasannya yang digemari dan sedang ditekuni sekarang, yakni terkait sebuah acara yang dinilainya seperti sebuah konsep Reality Show berjudul ”Memburu Mobil Impian”. Selanjutnya, Mas Wahid ingin membagikan kiat-kiatnya sehingga dapat dikenal sebagai seorang Youtuber.

Menurut dia, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait unggahan di youtube. Seseorang harus mengunggah video yang bermanfaat dan membuat channel youtube. Sejelek apa pun kemasan dan penampilnya, jika yang dibagikan benar-benar informasi yang bermanfaat dan dicari, maka dipastikan akan dilihat banyak orang. (ary-34)


Berita Terkait
Baca Juga
Loading...
Komentar