Liga Dangdut Indonesia 2019

Jaring 14.000 Peserta

JAKARTA- Sukses dengan Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2018, Indosiar kembali menggelar LIDA2019. Program yang mendapat anugerah sebagai ”Program Pencarian Bakat dengan Peserta dari Provinsi Terbanyak” oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) pada penyelenggaraan yang lalu ini, semalam telah menggelar ”Konser Bhinneka Tunggal Ika” dengan menampilkan 80 peserta terpilih dari 34 provinsi.

Berbeda dari penyelenggaraan LIDA 2018 sebelumnya, pada program LIDA 2019 kali ini akan terasa sekali atmosfer berbagai perubahan yang dilakukan oleh Indosiar. ”Tayangan LIDA 2019 akan semakin menarik dengan kemasan lebih berkualitas dan menghibur dengan adanya berbagai perubahan yang kami lakukan, mulai dari proses audisi, konsep hingga eksekusi produksi,” papar Harsiwi Achmad, direktur Programming SCM.

Perubahan pertama adalah dalam proses audisi. Kali ini berlangsung di 36 kota di 34 provinsi di Indonesia. Audisi 7 Oktober- 23 Desember 2018 membukukan hampir 12.000 peserta.

Digelar pula audisi online pada 29 November-23 Desember 2018, diikuti lebih dari 4.000 peserta dari seluruh Indonesia. Dari audisi online terpilih tiga peserta dari tiga provinsi. Jumlah Duta Dangdut per provinsi juga akan berbeda. Tiap provinsi tidak hanya diwakili oleh dua duta dangdut, tetapi bisa saja lebih, bila provinsi bersangkutan mampu meloloskan wakilnya hingga babak 10 besar pada LIDA 2018 lalu.

Provinsi yang beruntung adalah Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Aceh, Bengkulu, Jambi, DKI Jakarta, Gorontalo, dan Bangka Belitung. Sementara provinsi yang berhasil menempatkan wakilnya di Grand Final LIDA 2018, mendapat tambahan satu kuota lagi, antara lain Sulawesi Selatan dan Sumatera Selatan.

Hadiah Rp 1 Miliar

Setelah konser ”Bhinneka Tunggal Ika” yang memperkenalkan 80 peserta terpilih,kompetisi akan dimulai dengan Konser Top 80 pada Selasa (15/1).Peserta akan dibagi dalam 16 grup. Nantinya pada babak Top 12 ke atas, ketika kompetisi sudah mengerucut, akan ditayangkan Konser Show dan Result. Komentator yang akan duduk di Dewan Dangdut adalah Soimah, Nassar, Inul Daratista, Dewi Perssik, Zaskia Gotik, Rita Sugiarto, dan Erie Suzan. Komentar juga akan diberikan oleh Juri Tamu Non Dangdut seperti Ruth Sahanaya, Pongki Barata, Bams, Desy Ratnasari, Ruri ”Repvblik”, Rio Febrian, Melly Goeslaw, Candil, Abdel, Anang Hermansyah, Bebi Romeo, dan masih banyak lainya.

Fashion Guru yang dihadirkan akan lebih banyak lagi. Mereka antara lain Caren Delano, Maya Ratih, Eko Chandra, Defrico Audi, dan Fomal. Sementara host yang akan memandu adalah Ramzi, Irfan Hakim, Gilang Dirga, dan Jirayut DAA. Skema penilaian yang diterapkan pada LIDA 2019 pun akan berbeda dari tahun sebelumnya. Penilaian dibagi menjadi tiga elemen, yakni Panel Provinsi (5%), Dewan Juri (20%), dan SMS pemirsa (75%).

Satu orang terbaik selain dinobatkan sebagai pemenang akan mendapatkan hadiah senilai Rp 1 miliar dan Piala Bergilir LIDAuntuk provinsinya. Berbagai pembekalan akan diberikan, antara lain olah vokal oleh Adibal, koreografi oleh Gege, akting oleh Yayu AW Unru, Public Speaking oleh Hilbram Dunar, dan psikologi oleh Bunda Romi. Dua wakil Jawa Tengah di ajang ini adalah Ninda Muslihatun dan Abi Ainun.(tn-49)


Berita Terkait
Baca Juga
Loading...
Komentar