Pentingnya Komitmen Orangtua

SALAH satu hal yang paling dibutuhkan dari orangtua apabila ingin memberikan pendidikan home schooling bagi anaknya, adalah komitmen.

Ellen menegaskan, orangtua tidak bisa memutuskan anaknya menempuh HS tapi orangtua tidak memiliki komitmen sebagai guru bagi mereka, meskipun dengan alasan tidak menguasai pelajaran yang akan diajarkan untuk anaknya. ”Tujuan dari HS itukan untuk memperkuat ‘bonding’ antara anak dan orangtuanya. Jadi sesibuk-sibuknya orangtua, ya harus bisa mendampingi anaknya,” imbuhnya.

Komitmen tersebut, dituturkan Ellen, tak hanya mencakup kemampuan menyediakan waktu setiap harinya sebagai ‘pengajar’, namun lebih dari itu, bisa memperhatikan proses kemajuan anaknya, membangun karakternya, hingga sang anak tahu tujuan hidupnya apa. Tentu saja, tidak bijak membandingkan kemampuan dengan kakak atau adiknya, karena tiap anak memiliki bakat, minat dan kemampuan yang berbeda.

Ada anak yang menguasai dan tertarik dengan matematika, ada pula anak yang lebih tertarik dengan kesenian atau musik.

Tugas orangtua tentu saja, membimbing mereka sesuai minatnya, serta belajar berkomitmen dengan pilihannya tersebut. ”Membimbing anak untuk tahu tujuan hidupnya itu penting, karena mereka akan terbiasa untuk membuat pilihan dan bertanggung jawab dengan pilihannya,” pungkasnya. (Irma Mutiara Manggia-64)


Berita Terkait
Baca Juga
Loading...
Komentar