LIPUTAN KHUSUS

Gelar Budaya Kerja Berhasil Mengubah Kinerja ASN

Tujuh tahun mengadakan gelar budaya kerja yang melibatkan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Demak, kini telah dirasakan hasilnya. Sejumlah daerah pun kesengsem untuk meniru.

BELUM lama ini, Pemkab Demak mengadakan kegiatan spektakuler, yakni Gelar Budaya Kerja Tingkat Nasional. Kegiatan yang dihadiri 56 kabupaten/kota tersebut berlangsung di pendapa dan halaman Setda Demak.

Serangkaian acara berupa teaterikal hasil inovasi budaya kerja oleh masing-masing OPD mampu menggugah kesadaran para tamu perwakilan kabupaten/kota terkait perlunya perubahan budaya kerja.

Mereka menyatakan mendapat banyak inspirasi budaya kerja setelah menyaksikan pementasan teaterikal yang menggambarkan inovasi pelayanan kerja di masing-masing OPD di Kabupaten Demak. Beberapa di antara mereka bahkan menuangkan dalam lembaran kertas yang berisi ungkapan telah mendapat pencerahan. Di antara tulisan yang diberikan kepada panitia adalah penilaian mengesankan, ”Demak sangat inspiratif, terima kasih mendapat pencerahan”. Selain menampilkan teaterikal budaya kerja, juga digelar seminar nasional, kunjungan wisata serta pementasan seni budaya dari kabupaten tetangga seperti Jepara, Kudus, Pati, Rembang, Grobogan, Semarang, Salatiga, dan Kendal.

Kegiatan bertema Gelar Budaya Kerja dan Pesona Wisata Demak tersebut, menurut Sekda Singgih Setyono, telah mengangkat nama Demak di tingkat nasional. Meski diakui dalam pergelaran tersebut ada keluhan lantaran cuaca dan suhu udara panas, namun sebagian besar tamu dan pengunjung betah bertahan selama tiga hari menyaksikan acara demi acara yang digelar.

Daya tarik berkunjung ke Kabupaten Demak yang sebelumnya lantaran ingin melihat Masjid Agung peninggalan Walisongo, kini semakin bertambah karena ada banyak potensi wisata. Salah satunya ketertarikan mereka adalah saat panitia membawa peserta dari kabupaten/kota lain berkunjung ke desa-desa sentra tanaman jambu di Betokan. Di lokasi tersebut mereka memetik buah dari kebun. Selain itu wisata mangrove di wilayah Kecamatan Wedung.

Perubahan Kerja

Sekda Singgih Setyono menuturkan, budaya kerja memang harus dibentuk dan diciptakan di semua lembaga. Tanpa upaya yang sungguhsungguh melakukan perubahan budaya kerja, maka hasilnya pun tak akan ada perubahan. ”Perubahan kinerja dapat dirasakan masyarakat, karena semua OPD, baik badan, dinas, kantor, rumah sakit, puskesmas dan lainnya telah memberi pelayanan terbaik. Semua pelayanan cepat, memuaskan dan tidak merepotkan,” tuturnya.

Singgih Setyono menambahkan, tahun depan kegiatan serupa akan kembali digelar dengan konsep yang lebih matang dan semarak. (Hasan Hamid-22)


Berita Terkait
Komentar