Konsisten Terapkan Emergency Goal

SEMARANG - Demi memberikan kepuasan pelayanan kepada pasien, Siloam Hospitals Semarang secara konsisten dalam menerapkan emergency goal atau target penanganan emergensi mulai dari tindakan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) hingga di ruang rawat inap.

Customer Relation and Marketing Communication Department Head Siloam Hospitals Semarang, dr Adrian Maleakhi Husada mengatakan konsep compact hospitals yang ada di institusi kesehatannya memudahkan tindakan cepat pada keadaan darurat.

Sebab semua sistem pelayanan kesehatan bisa dapat dijangkau secara mudah baik peralatan dan tenaga medis. ‘’Selain penanganan nyeri yang menjadi unggulan di Rumah Sakit (RS) ini. Tindakan cepat dan penaganan tepat dalam keadaan emergensi juga sudah tersistem.

Setiap ada pasien yang masuk di IGD, kami memiliki emergency goal kurang dari satu menit dokter umum sudah harus melakukan assessement kepada pasien. Sehingga bisa segera ditindak lanjuti untuk penanganan lanjutan,’’ kata Adrian.

Bahkan, Adrian menambahkan, unit ambulans memiliki perlengkapan yang memadai untuk memberikan pertolongan pertama. Tidak heran, dia menyebut unit tersebut sebagai rumah sakit berjalan dari RS Siloam Hospitals Semarang.

Statistik Pekerjaan

‘’Untuk pelayanan rawat inap, pasien dan keluarga pasien kami berikan edukasi terkait tombol-tombol di ruang jika membutuhkan pertolongan perawat ataupun dokter. Petugas medis pun juga disiapkan selama 24 jam dengan kontrol absen sidik jari yang bisa melihat statistik pekerjaan setiap harinya.

Peralatan emegensi juga selalu siap untuk dipakai di area ruang keperawatan di dekat ruang rawat inap,’’ jelas Adrian.

Selain kecepatan dan ketepatan dalam memberikan layanan kepada pasien, Siloam Hospitals Semarang juga menawarkan kenyamanan. Terlihat dengan adanya pilihan kamar rawat inap ataupun dokter bagi para pasien.

‘’Pasien bisa memilih kamar basic atau kelas 3, kamar standart atau kelas 2, kamar deluxe untuk kelas 1, dan kamar VIP. Mereka juga bisa memilih dokter spesialis yang sudah ada di daftar RS kami. ADA pilihan dokter pria atau wanita di setiap spesialisasi,’’ lanjutnya.

Siloam Hospitals Semarang juga sudah bekerja sama dengan mengandeng penyedia jasa asuransi kesehatan yang ada di Indonesia. Namun khusus layanan JKN-KIS dari BPJS Kesehatan, Adrian mengatakan kerja sama saat ini sedang dijajaki.

‘’Kami sudah melakukan komunikasi dengan Kepala BPJS Kesehatan, dr Bimantoro untuk proses layanan JKN-KIS. Namun saat ini Siloam Hospitals masih menunggu selama setahun untuk melihat perkembangan lebih lanjut,’’ tandas Adrian. (mam-53)


Berita Terkait
Baca Juga
Loading...
Komentar