Penanganan Nyeri Jadi Unggulan

Siloam Hospitals Semarang

SEMARANG - Siloam Hospitals Semarang terus mengembangkan diri menjadi rumah sakit (RS) yang siap memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan penanganan nyeri sebagai center of excellence atau pusat layanan unggulan setelah resmi beroperasi sejak 8 Agustus.

Hal tersebut sejalan dengan pilar yang menaungi RS yang berada di Jalan Kompol Maksum Nomor 296 Peterongan Kota Semarang ini.

Director Siloam Hospitals Semarang, drg Wiana R Maengkom MARS saat ditemui beberapa waktu lalu mengatakan, memang RS yang dia kelola memiliki luas bangunan yang lebih kecil dibanding 33 RS Siloam di daerah lain.

Namun sistem dan fasilitas yang ada di RS yang akan melakukan grand launching pada Rabu (5/9) ini memenuhi aspek untuk bisa memberikan pelayanan optimal seperti Siloam Hospilals di luar Jawa Tengah pada umumnya.

‘’Kami menyediakan layanan unggulan yakni penanganan nyeri yang banyak menjadi keluhan kesehatan masyarakat.

Jika ada masalah seperti sakit di leher, sakit di punggung, sakit di lutut, sakit di pinggang, dan sebagainya, melalui sistem dan dokter spesialis yang mendukung, kami akan memberikan penanganan terbaik,’’ kata Wiana.

Tercatat ada sekitar belasan klinik spesialis yakni spesialis saraf, spesialis kulit dan kelamin, spesialis Telingga Hidung dan Tenggorokan (THT)spesialis gigi, spesialis bedah, juga spesialis penyakit dalam.

Lalu ada spesialis mata, spesialis orthopedics and traumatology, spesialis rehabilitation medicine, spesialis urology, hingga spesalis kandungan.

‘’Walaupun memiliki unggulan dalam penanganan nyeri, kami juga selalu memberikan yang terbaik dalam pelayanan kesehatan lainnya. Bahkan, unit mobil ambulans kami selalu siap dipanggil meluncur menjemput pasien yang membutuhkan layanan.

Terkait, emergensi memang juga kami kuatkan dan optimalkan selama 24 jam, dengan penanganan siaga setiap detik,’’lanjut Wiana. Fasilitas kesehatan yang disediakan juga lengkap. Meski hanya berada di bangunan tiga lantai dengan luas 1.700,915 meter persegi.

Sebut saja laboraturium klinis, bank darah, Computed Tomography (CT) Scan 64 slices, digital x-ray, dental x-ray, ultrasound scan, teleradiology, ruang bersalin, ruang operasi, dan dua ruang ICU dan HCU. Adapun untuk rawat inap ada 20 unit tempat tidur yang berada di lantai dua.

Compact Hospital

’Menjadi RS Siloam pertama di Jateng dan memiliki luas bangunan yang lebih kecil dari RS di grup kami, tapi kami berusaha memberikan fasilitas maksimal.

Sebab kami memiliki 50 dokter yang didalamnya ada 20 dokter spesialis, sistem penanganan kesehatan yang sesuai standar di Siloam Hospitals Grup, dan peralatan baru serta mutakhir yang menunjang kelengkapan pemeriksaan,’’ papar Wiana.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa Siloam Hospitals Grup memiliki tiga tipe RS yang dikelola yakni Siloam Hospitals tipe B yang disebut RSU Siloam, Siloam Hospitals tipe C, dan compact hospital.

Selain itu termasuk compact hospital. ‘’Siloam Hospitals Semarang adalah unit rumah sakit yang ke-34, dari Siloam Hospital Grup yang sudah sekitar 20 tahun berdiri di Indonesia.

Memang secara luas bangunan, Siloam Hospitals Semarang secara fisik tidak terlalu besar bulilding-nya tapi isinya lengkap. Dengan konsep compact hospital dengan building yang ada tapi bisa melayani semua spesialisi yang harus ada seperti di tipe B dan tipe C,’’lanjutnya.

Melalui grand openingpada Rabu ini, Wiana berharap pihaknya bisa memberikan informasi kepada masyarakat dan tamu undangan yang hadir dari kalangan perwakilan perusahaan di Kota Semarang, asuransi dan para pemilik bisnisbisnis yang ada di Kota Lunpia.

‘’Kami juga berharap makin dikenal dan menjad jujukan pelayanan kesehatan masyarakat Semarang dengan fasilitas dan pelayanan prima kami,’’ tandas Wiana. (mam-53)


Berita Terkait
Baca Juga
Loading...
Komentar