• KANAL BERITA

Masuk Grup Berat, Futsal Jateng Optimis Lolos PON Papua

TIM JATENG:  Tim futsal Pra PON Jawa Tengah yang akan mengikuti babak kualifikasi futsal Pra PON Papua 2020 di GOR Jatinangor, Sumedang, mulai tanggal 16-22 Desember 2019. (suaramerdeka.com / Jati Prihatnomo)
TIM JATENG: Tim futsal Pra PON Jawa Tengah yang akan mengikuti babak kualifikasi futsal Pra PON Papua 2020 di GOR Jatinangor, Sumedang, mulai tanggal 16-22 Desember 2019. (suaramerdeka.com / Jati Prihatnomo)

JATINANGOR, suaramerdeka.com - Sempat mundur, babak kualifikasi futsal PON 2020 akhirnya digelar di GOR ITB Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, pada 16-22 Desember 2019. Sebanyak 32 tim akan dibagi dalam delapan grup dengan dihuni empat provinsi tiap grupnya.

Nantinya hanya akan ada satu tim dari masing-masing grup yang lolos ke putaran final PON 2020 di Papua September mendatang. Adapun dua tim lainnya yakni tuan rumah Papua dan juara futsal PON 2016, Jawa Barat otomatis lolos ke PON Papua 2020.

Jawa Tengah sendiri tergabung dalam Grup D bersama DKI Jakarta, D.I Yogyakarta dan peraih perunggu futsal PON 2016, Jawa Timur. Pelatih futsal Jateng, Sumianto optimis timnya mampu bersaing dengan tiga tim unggulan di grup D tersebut. Pihaknya juga mengaku sudah mengetahui kekuatan tiga tim DKI, Jatim dan DIY.

“Pastinya ini grup berat mas, tapi kita akan berusaha memberikan yang terbaik untuk hasil yang maksimal, semoga kami dapat mewujudkan target yakni lolos ke PON 2020 nanti,” ujarnya, Minggu (15/13).

Sumi menambahkan seluruh pemainnya dalam kondisi siap menghadapi babak kualifikasi ini. Tampilnya beberapa pemain Jateng pada pekan pertama Pro Futsal League (PFL) 2019/2020 diakui jadi keuntungan tersendiri. “Tentu jadi keuntungan pastinya, setidaknya pengalaman mereka bertambah menghadapi laga-laga krusial, selain itu kondisi mereka lebih bugar,” tambahnya.

Anton Cahyo dan kolega sendiri akan memulai babak kualifikasi grup D melawan tim DKI Jakarta, di GOR A ITB Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Senin (16/12). Kemudian dilanjutkan jumpa tim Jawa Timur, Selasa (17/12) dan terakhir bertemu tim D.I Yogyakarta pada Rabu (18/12) di tempat yang sama.


(Jati Prihatnomo/CN26/SM Network)