• KANAL BERITA

Klopp Senang Bukan Main dengan Performa Liverpool

Foto: AFP / Getty Images
Foto: AFP / Getty Images

LIVERPOOL, suaramerdeka.com - Usai menang telak atas Everton, manajer Liverpool, Juergen Klopp mengaku senang bukan main dengan performa anak asuhnya. Bahkan, gol-gol Liverpool diakui Klopp terbilang indah yang kebanyakan diawali umpan-umpan panjang dari lini belakang. "Semua golnya indah sekali, luar biasa. Gol-gol cantik, passing luar biasa, permainan cantik. Saya sangat suka sekali," ujar Klopp di  BBC.

Melawan Everton di Anfield, Kamis (5/12) dini hari WIB, Liverpool sudah tancap gas sejak menit awal dan mencetak empat gol melalui Divock Origi (dua gol), Xherdan Shaqiri, dan Sadio Mane. Sayangnya, mereka juga kebobolan dua gol melalui Michael Keane dan Richarlison.

Di babak kedua, Liverpool baru bisa mencetak gol lagi pada menit ke-88 lewat Giorginio Wijnaldum sekaligus menutup pertandingan dengan kemenangan 5-2. Tambahan tiga poin ini mengukuhkan posisi Liverpool di puncak klasemen Liga Inggris.

“Sangat bagus, terutama dalam hal susunan pemain. Membuat perubahan dapat menyebabkan beberapa masalah, tentu saja. Jelas, itu akan menjadi pertandingan yang sangat intens sehingga kami membutuhkan kaki yang segar, sebanyak yang kami bisa. Apa yang dibuat para pemain di laga yang sulit ini, sungguh luar biasa. Kami mencetak gol luar biasa. Kami harus bertarung,” ujar Klopp.

Berdasarkan statistik, Liverpool membuat total 16 attempts, lima di antaranya menjadi gol. Mereka menguasai 60 persen ball possesion dan punya akurasi passing di atas 80 persen. Raihan tiga poin itu memuaskan Klopp karena membuat Liverpool tetap unggul 11 poin atas juara bertahan Manchester City.

“Beberapa hal tidak berhasil secara defensif. Pertama, kami mungkin mengejutkan mereka dengan sistem kami, kemudian mereka tidak mengejutkan kami, tetapi kami tidak bisa beradaptasi secepat mungkin untuk perubahan sistem mereka yang kecil. Itu adalah laga yang intens, tetapi kami mengendalikannya lebih banyak lagi, mencetak gol kelima yang sensasional dan pekerjaan yang dilakukan, semuanya baik,” tukasnya.

Kemenangan ke-100 Klopp di Premier League terasa begitu indah. Dikutip Opta, Klopp jadi manajer tercepat kedua, setelah Jose Mourinho (142 laga), yang mampu meraih 100 kemenangan, yakni di laga ke-159.

Selain itu Liverpool mencatatkan rekor baru di intern klub, yakni 32 laga tanpa terkalahkan di kompetisi kasta teratas di Inggris. Rinciannya adalah 27 kemenangan dan lima seri. Kali terakhir Liverpool kalah adalah dengan skor 1-2 dari Manchester City awal Januari lalu. Cuma ada dua tim yang punya rangkaian kemenangan lebih panjang, yakni Arsenal (49 laga) dan Chelsea (40 laga).


(Andika Primasiwi, GLCM , DS/CN26)