• KANAL BERITA

Tampil Lebih Baik, Mourinho Akui Man United Lebih Layak Menang

Foto: reuters
Foto: reuters

MANCHESTER, suaramerdeka.com - Manajer Tottenham Hotspur, Jose Mourinho mengakui, Manchester United tampil lebih baik setelah anak asuhnya tumbang dalam lanjutan Liga Inggris di Old Trafford, Kamis (5/12) dini hari. "Saya kira mereka pantas menang melihat performa mereka di babak pertama," ujar Mourinho seperti dilansir  ESPN.

Bertandang ke Old Trafford, Spurs takluk dari MU dengan skor 1-2 setelah dua gol Marcus Rashford, hanya bisa dibalas Dele Alli. Banyak tekanan dari MU, gawang Paulo Gazzaniga beberapa kali terancam dan Tottenham kesulitan menciptakan peluang.

Kekalahan Tottenham kemudian ditentukan oleh penalti Rashford di awal babak kedua menyusul pelanggaran Moussa Sissoko melanggar Rashford. Mengakui performa Tottenham tak cukup bagus, Mourinho menyebut MU memang pantas menang.

"Kami sama sekali tidak memulai dengan baik. Selama 30 menit pertama, mereka adalah tim terbaik. Karena itu, untuk 30 menit yang kuat di mana kami tidak tampak, dan juga karena cara kami kebobolan gol kedua, saya kira mereka pantas menang," katanya.

Mourinho menilai Spurs jemawa saat kalah dan sudah mengingatkan, agar tak memandang MU sebelah mata. Kekalahan ini memutus start positif Tottenham bersama Mourinho. Sejak ditangani pelatih asal Portugal itu, Tottenham mencatat tiga kemenangan beruntun di semua kompetisi sebelum menghadapi MU.

"Saya mencoba melawan pikiran itu. Saya coba beri tahu mereka persisnya cara United mendekati laga-laga seperti ini di kandang -- melawan Liverpool (imbang 1-1), melawan Chelsea (menang 4-0), mereka selalu memulai dengan kuat denga berlari, menekan, mencoba mengangkat moral suporter. Normalnya mereka habis dapat hasil buruk melawan tim-tim yang lebih kecil jadi ketika melawan tim-tim besar, orang-orang berpikir itu mereka akan lebih kesulitan," ujar Mourinho seperti dilansir Guardian.

Mourinho sadar betul kalau dua hasil imbang itu tak bisa dijadikan patokan untuk performa MU. Karena itu, dia sudah mewanti-wanti Harry Kane dkk agar tak meremehkan bekas timnya itu.

"Itu tidak lebih sulit bagi mereka karena gayanya berubah dan mereka merasa nyaman melawan gaya bermain seperti ini. Di babak kedua, kami tahu apa yang akan kami lakukan saat skor 1-1. Setelah satu menit, Anda kebobolan. Kami harus menyalahkan diri kami sendiri. Saya kira United pasti senang dengan poinnya dan secara keseluruhan mereka pantas mendapatkannya," katanya.

Kalah, Tottenham kini disalip MU di klasemen Liga Inggris dengan menempati peringkat kedelapan dengan 20 poin, terpaut satu angka dari MU yang naik ke posisi keenam.


(Andika Primasiwi, DS/CN26)