• KANAL BERITA

Sterilisasi Kucing Kini Menjadi Sebuah Kebutuhan

Foto suaramerdeka.com/dok
Foto suaramerdeka.com/dok

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kesadaran pemilik hewan piaraan semakin tinggi untuk mensterilkan piaraannya untuk tidak beranak-pinak. Karena mereka akan kewalahan ketika piaraannya seperti misalnya kucing bertambah banyak. Hal itu mengingat biaya makan, perawatan dan pengobatan saat sakit semakin  tinggi.

Sterilisasi kucing jantan kini menjadi sebuah kebutuhan. Demikian wacana yang mengemuka pada sesi Bincang Hewan Sehat bersama drh Lely Anggriani Nababan Sabtu (25/1). "Steril kucing yakni tindakan operasi mengangkat organ reproduksi untuk mencegah terjadinya kebuntingan yang tidak diinginan. Tindakan ini untuk menghambat populasi dan mencegah timbulnya penyakit lain," kata Lely Anggriani.

Menurut supervisor Animal Center Drh Nugroho ini, sekarang semua klinik hewan untuk pelayanan steril biasanya sudah memadai, tinggal kesadaran pemilik mau melakukan sterilisasi kucingnya atau tidak.

"Kalau untuk diternakkan memang tidak masalah, asal sanggup menelihara dan merewatnya sampai besar. Tentu dengan biaya yang memadai," demikian disampaikan Lely Anggriani N.  

 


(Red/CN19/SM Network)