• KANAL BERITA

Tumbuhkan Kreativitas dengan Lomba Berbahan Daur Ulang

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

SALATIGA, suaramerdeka.com - Untuk mengasah kreativitas anak usia dini  puluhan peserta yang terdiri dari ibu dan anak-anak Paud SBB Pelangi Nusantara Sepuluh Kota Salatiga  mengikuti lomba merangkai kreasi daur ulang sampah dengan bahan bekas untuk mengurangi sampah. Jumat, (24/1).

Bertempat di rumah makan siap saji di jalan Ahmad Yani Kota Salatiga  puluhan peserta yang terdiri dari ibu dan anak-anak Paud Semai Benih Bangsa Pelangi Nusantara Sepuluh Kota Salatiga  mengikuti lomba kreasi daur ulang sampah dengan bahan bekas untuk mengurangi sampah. Tampak anak-anak dibantu ibunya memotong-motong botol minuman air mineral bekas dan beberapa barang bekas lainnya.

Mereka terlihat kompak dan saling bersinergi menciptakan ide kreatif dengan menggunakan bahan barang bekas agar menarik perhatian para dewan juri yang dihadirkan dalam lomba tersebut. Hasilnya berbagai  bunga,  vas bunga,  mobil-mobilan hingga tempat pensil dari barang bekas tercipta dari kreasi mereka.

Kepala Paud SBB Pelangi Nusantara Sepuluh  Dwi Lina Sulistysningsih, S.Pd mengatakan  lomba merangkai kreasi daur ulang sampah dengan barang bekas ini  disamping mengurangi produksi sampah masyarakat juga dapat menguatkan jalinan keakraban antara anak dan orang tua.

“Kegiatan ini juga sekaligus menumbuhkan bakat anak-anak dan keluarga  jika dapat menghasilkan produk barang bekas yang maksimal dan memiliki nilai jual tentu juga dapat menjadi  sumber penghasilan tambahan yang dapat dikelola dalam keluarga. Di sisi lain kegiatan ini juga sebagai sarana untuk menunjukkan kreativitas orang tua dihadapan anaknya  sehingga harapannya anak juga akan merangsang kreatifitasnya,” ungkap Lina.

Sementara itu juri lomba mengatakan  peserta lomba kreasi daur ulang sampah ini bebas membuat produk kerajinan tentu dengan bahan-bahan bekas yang sudah tidak terpakai dan berpotensi menjadi sampah. Masing-masing peserta membawa sampah sendiri dari rumah  kemudian mengolah di lokasi bersama-sama. Melalui kegiatan lomba kreasi daur ulang bekas dari sampah ini akan terus dilaksanakan agar anak-anak perlu ditanamkan tentang kepedulian terhadap lingkungan sejak usia dini.


(Red/CN26/SM Network)