• KANAL BERITA

Dinkes Kota Pekalongan Luncurkan Aplikasi “Yuk Ngantri”

MEMANDU: Petugas Puskesmas Pekalongan Selatan memandu pasien yang akan mengantre untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. (suaramerdeka.com / Isnawati)
MEMANDU: Petugas Puskesmas Pekalongan Selatan memandu pasien yang akan mengantre untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. (suaramerdeka.com / Isnawati)

PEKALONGAN, suaramerdeka.com - Dinas Kesehatan Kota Pekalongan meluncurkan aplikasi “Yuk Ngantri”,  Jumat (24/1). Peluncuran aplikasi tersebut dilakukan bersamaan dengan peresmian pembangunan Puksesmas Pekalongan Selatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan Slamet Budiyanto menjelaskan, peluncuran aplikasi “Yuk Ngantri” dalam rangka meningkatkan pelayanan publik. “Kami ingin meningkatkan pelayanan publik untuk kesejahteraan masyarakat Kota Pekalongan di bidang kesehatan,” terangnya.

Melalui aplikasi tersebut, Dinas Kesehatan memberikan kemudahan kepada masyarakat yang akan mendaftar untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di puskesmas. Melalui
aplikasi tersebut, masyarakat bisa mendaftar secara online. Ada 14 puskesmas di Kota Pekalongan yang sistem antreannya dapat diakses dari aplikasi tersebut. Aplikasi “Yuk Ngantri” dapat diunduh di playstore. “Ini lebih efisien dalam mendapatkan pelayanan kesehatan,” sambungnya.

Lebih lanjut Slamet Budiyanto mengatakan, Dinas Kesehatan Kota Pekalongan diamanatkan untuk memperhatikan kesehatan masyarakat agar memiliki derajat kesehatan yang tinggi. Beberapa indikatornya di antaranya turunnya angka kematian, angka kesakitan dan meningkatnya status gizi yang baik.

Untuk mewujudkan hal itu, seluruh puskesmas di Kota Pekalongan saat ini telah terakreditasi. Bahkan, dari lima puskesmas yang diajukan akreditasi pada tahun 2019, empat di antaranya mendapatkan hasil akreditasi tingkat utama. Selain itu, Dinas Kesehatan Kota Pekalongan juga membangun sejumlah puskesmas, salah satunya Puskesmas Pekalongan Selatan.

Dengan alokasi dana sebesar Rp 2,691 miliar, Puskesmas Pekalongan Selatan yang terdiri dua lantai tersebut, kini melayani rawat inap dan persalinan. “Adanya layanan rawat inap dan persalinan di Puskesmas Pekalongan Selatan ini dapat mengurangi tingginya jumlah pasien di RSUD. Selain itu, biaya pelayanan kesehatan juga lebih efisien,” terangnya.


(Isnawati/CN26/SM Network)