• KANAL BERITA

Bus Rute Wonogiri-Terminal Tirtonadi Akan Dilewatkan Jalur Tengah Kota Solo

POTONG DAHAN : Petugas memotong dahan pohon dan mengecek rambu-rambu di sepanjang Jalan Honggowongso Solo dalam rangka penyiapan jalur dua arah awal Februari 2020. (suaramerdeka.com / Budi Sarmun)
POTONG DAHAN : Petugas memotong dahan pohon dan mengecek rambu-rambu di sepanjang Jalan Honggowongso Solo dalam rangka penyiapan jalur dua arah awal Februari 2020. (suaramerdeka.com / Budi Sarmun)

SOLO, suaramerdeka.com -  Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta bersama Satlantas Polresta Surakarta memutuskan bakal memindahkan jalur bus dari arah Pacitan-Wonogiri-Sukoharjo menuju Terminal Tipe A Tirtonadi melalui jalur tengah kota. Kebijakan itu diberlakukan menyusul penutupan perlintasan sebidang kereta api Purwosari untuk keperluan proyek pembangunan lalan layang Purwosari.

Kabid Lalu Lintas Dishub Surakarta Ari Wibowo mengatakan manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL) untuk jalur bus dari arah selatan menuju terminal diarahkan lewat Solo Baru - Jalan Honggowongso - Gajah Mada- Wolter Monginsidi - Letjen S Parman - Ahmad Yani baru terminal. "Kebijakan ini fektif diberlakukan (Selasa) 3 Februari 2020, sesuai rencana bus dari Wonogiri digeser ke Jalan Honggowongso," kata Ari, Kamis (23/1).

Masyarakat Solo sekitar, pengguna jalan, dan khususnya warga yang tinggal di sekitar jalur bus baru itu agar menyesuaikan. Pasalnya, ke depan bus-bus antarkota antarprovinsi (akap) dan antarkota dalam provinsi (akdp) akan masuk ke jalur yang tak biasanya.

Kendati demikian kehadiran bus-bus umum yang memasuki tengah kota ini dipastikan tidak akan mengganggu jalur lalu lintas hingga memunculkan kemacetan.Jumlah bus yang berasal dari arah selatan juga tidak terlalu banyak. Di titik-titik yang berpotensi mengalami kepadatan kendaraan nanti akan dilakukan pengecekan oleh petugas.  "Kalau sampai jalanan macet, saya rasa tidak, mungkin saja pengguna jalan tak terbiasa bila ada bus masuk jalur tengah kota."

Ari menyampaikan pada Kamis (23/1) pagi pihaknya sudah melakukan pengecekan jalur-jalur yang ke depan akan dilalui bus umum. Hasil pengecekan lapangan ditindaklanjuti dengan pembenahan rambu-rambu dan perampalan dahan-dahan pohon yang dikhawatirkan akan mengganggu bus yang melintas.

Senada Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta Joko Sutriyanto menyatakan, pengalihan jalur bus baru khusus luar dan dalam kota dari arah selatan lewat tengah kota sudah disampaikan kepada kru bus. "Pada prinsipnya kru bus siap, karena memang sedang ada proyek pembangunan jalan layang di Purwosari," kata Joko.(


(Budi Sarmun/CN26/SM Network)