• KANAL BERITA

Perpanjang SIM Sekarang Tanpa Harus Turun dari Kendaraan

Men PAN-RB Apresiasi Layanan Drive Thru Polres Batang

MENGANTRE : Sejumlah pemohon perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) layanan drive thru di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Batang yang baru diluncurkan oleh Menteri PAN RB, Tjahyo Kumolo (suaramerdeka.com/Agus Setiawan)
MENGANTRE : Sejumlah pemohon perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) layanan drive thru di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Batang yang baru diluncurkan oleh Menteri PAN RB, Tjahyo Kumolo (suaramerdeka.com/Agus Setiawan)

BATANG, suaramerdeka.com - Sekarang untuk memperpanjang izin surat mengemudi (SIM) tidak harus turun dari kendaraan. Layanan tersebut merupakan layanan baru dari Polres Batang yang disebut dengan layanan drive thru atau pelayanan di kendaraan.

Peluncuran layanan tersebut dilaksanakan berbarengan peluncuran mal pelayanan publik yang dilakukan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN RB), Tjahyo Kumolo, di di Kantor Dinas Penanaman Modal Perizinan dan Pelayanan Terpadu (DPMPPT) Kabupaten Batang, Kami (23/1).

Inovasi yang dilakukan Polres Batang dalam melayani masyarakat untuk proses perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) mendapatkan apresiasi Menteri PAN RB. Pada kesempatan itu, juga diperagakan petugas dari Polres Batang memberikan pelayanan Drive Thru atau pelayanan tanpa turun dari kendaraan.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Batang AKP Doddy7 Triantoro mengatakan model pelayanan ini dapat menghemat waktu bagi pemohon yang akan mengajukan perpanjangan masa berlaku SIM A dan SIM C. "Pelayanan ini hanya membutuhkan waktu tidak sampai sepuluh menit dan sudah pemohon bisa langsung menerima SIM yang diajukan," katanya.

Ia mengatakan pelayanan permohonan SIM melalui Drive Thru ini merupakan inovasi yang digagas oleh jajaran Satlantas Polres Batang, dengan harapan mempermudah pelayanan kepada masyarakat dalam mengurus perpanjangan masa berlaku SIM A dan SIM C.

"Jadi bagi masyarakat yang akan memperpanjang SIM A dan SIM C, tidak perlu repot lagi turun dari kendaraan dan bisa masuk di depan kantor pelayanan. Dengan diluncurkannya pelayanan SIM Drive Thru tersebut, pihaknya masih tetap membuka pelayanan secara manual di Polres Batang," kata dia.

Menteri Pendayagunaan Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahyo Kumolo mengapresiasi berdiri layanan tanpa turun dari kendaraan atau drive thru oleh Kepolisian Resor Batang untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan surat izin mengemudi (SIM).

"Hampir 300 polres yang sudah mereformasi  mempercepat membuat SIM dan STNK. Oleh karena  kami mengapresiasi (berdirinya drive thru) sebab apabila hal itu diperluas dan semakin banyak yang menggabung maka nantinya akan ada pihak sponsor akan ikut bergabung," kata Tjahyo Kumolo.

Mal pelayanan publik "Drive Thru" yang didirikan oleh Polres Batang di Kantor Dinas Penanaman Modal Perizinan dan Pelayanan Terpadu (DPMPPT) Kabupaten Batang ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Men PAN-RB yang didampingi Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan-RB Diah Natalia mengatakan bahwa inovasi pelayanan Drive Thru di Kabupaten Batang sebagai pusat pelayanan permohonan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) A dan SIM C pertama berdiri di Indonesia.

"Melalui inovasi yang dilakukan oleh Polres Batang ini, diharapkan perpanjangan SIM C dan SIM A ini nantinya bisa menjadi model daerah lain di Indonesia," katanya.


(Agus Setiawan/CN19/SM Network)