• KANAL BERITA

Satpam Berperan Penting Dukung Polri Jaga Kamtibmas

UCAPAN SELAMAT: Wakapolres Batang Kompol Hartono saat memberikan ucapan selamat kepada anggota Satpam. (suaramerdeka.com/Kasirin Umar)
UCAPAN SELAMAT: Wakapolres Batang Kompol Hartono saat memberikan ucapan selamat kepada anggota Satpam. (suaramerdeka.com/Kasirin Umar)

BATANG, suaramerdeka.com - Polres Batang menggelar upacara Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan (Satpam) ke-39 di halaman Mapolres Batang, Rabu (22/1). Wakapolres Batang Kompol Hartono mengatakan, Satpam adalah salah satu mitra terbaik Polres Batang, karena peranannya dalam membantu memelihara kondusivitas Kamtibmas.

“Dalam pelaksanaan tugas di lapangan, Satpam harus memiliki kualifikasi dan kemampuan yang optimal untuk penanganan gangguan keamanan di lingkungan kerjanya,” kata Wakapolres.

Menurut Kompol Hartono, kontribusi Satpam sangat besar dalam mendukung program prioritas pembangunan pemerintah, khususnya dalam memberikan jaminan keamanan terhadap upaya transformasi ekonomi, yaitu peningkatan investasi dan penciptaan lapangan kerja yang kondusif.

“Tema yang diusung kali ini sangat tepat yaitu “Satuan Pengamanan Berbasis Kompetensi Mewujudkan SDM Unggul Untuk Terciptanya Situasi Kamtibmas yang Kondusif dan Terjaminnya Keamanan di Lingkungan Kerja Menuju Indonesia Maju”, selaras dengan kebijakan Presiden RI yang ingin membangun SDM unggul, serta memantapkan Harkamtibmas,” paparnya.

Ia juga mengharapkan agar anggota Satpam semakin meningkatkan kompetensi diri, baik melalui pendidikan maupun pelatihan untuk keberhasilan tugas. Dalam kesempatan tersebut Wakapolres menyerahkan penghargaan dan uang pembinaan kepada Tim PKS SMPN 1 Batang, SMKN 1 Batang, Tim Peragaan Satpam PT. A5, PT. Nawakara dan PT. Sukorintex.

Selain itu, untuk memeriahkan HUT Satpam, ditampilkan pula peragaan Senam Lalu Lintas oleh Tim PKS SMPN 1 Batang, Peragaan Drill Borgol dan Tongkat oleh PT. A5, Senam Lalu Lintas dan Baris Berbaris oleh Passuska SMKN 1 Batang, Peragaan Baris Berbaris oleh Satpam PT. Nawakara dan Bela Diri Polri oleh Satpam PT. Sukorintex.


(Kasirin Umar/CN26/SM Network)