• KANAL BERITA

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Undip Bersama Biznet Gelar Youthopia Fair

Anak Muda Rawan Cyberbullying

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

SEMARANG, suaramerdeka.com - Rabu (13/11) telah diadakan Acara Youthopia Fair di Aula SMA N 5 Semarang yang diikuti 100 siswa siswi sekolah tersebut. Kegiatan diselenggarakan Biznet, salah satu Internet Service Provider (ISP) di Indonesia, bersama dengan Bome Agency yang terdiri dari Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro (Undip).

Youthopia Fair adalah acara untuk saling berbagi pengetahuan terutama mengenai internet positif dan cyberbullying. Hal ini dikarenakan sudah banyak remaja telah mengalami cyberbullying, namun tidak memiliki keberanian untuk melaporkannya. Padahal apabila tidak ditindaklanjuti, cyberbullying dapat membuat korban mengalami depresi, kecemasan, gangguan pola makan, bahkan hingga kematian. Maka berdasarkan urgensi tersebut, diadakanlah acara Youthopia Fair .

Acara yang dimulai pukul 07.30-11.00 ini terdiri dari tiga rangkaian acara. Acara pertama adalah sosialisasi mengenai internet positif dan anti cyberbullying yang diisi oleh 2 pembicara yaitu Rendhi Adi Prayitno, seorang Marketing Branch Semarang dari Biznet yang berbicara mengenai pengenalan Biznet kepada peserta, serta Amanda Margareth yang merupakan seorang Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Undip, youtuber, dan penulis.

Amanda Margareth mengisi acara dengan menjelaskan tentang internet positif serta urgensi cyberbullying bagi anak muda dan bagaimana cara mengatasinya. "Cyberbullying itu bahkan lebih parah dari pada bullying yang dilakukan secara langsung. Parahnya lagi adalah karena cyberbullying bisa diakses oleh orang-orang di seluruh dunia. Salah satu cara untuk mencegah dan mengatasi cyberbullying adalah mulai dari diri sendiri untuk tidak melakukan cyberbullying," kata Amanda dalam sosialisasinya.

Duta Internet Positif

Kemudian acara kedua yaitu pemilihan duta internet positif yang diikuti beberapa perwakilan pasangan siswa siswi SMA N 5 Semarang. Biznet dan Bome Agency mengundang  dua duta yang menjadi juri untuk memilih pasangan siswa siswi yang tepat menjadi Duta Internet 2019. Duta pertama adalah Jodi Satria Affan yang merupakan Duta Wisata Jawa Tengah dan juga sekaligus merupakan Duta Wisata Indonesia tahun 2017.

Duta kedua adalah Egi Famela yang merupakan Duta GenRe Berbakat atau Generasi Berencana Berbakat Jawa Tengah tahun 2018. Pasangan siswa siswi yang mengikuti acara ini mempresentasikan mengenai cyberbullying dan manfaat yang dapat diperoleh dari internet. Acara ketiga adalah penayangan video campaign Aku Anti Cyberbullying yang juga merupakan karya dari para siswa siswi.

Acara berlangsung dengan lancar dan tanpa suatu kendala yang berarti. Hal ini dapat dilihat dari antusiasme siswa-siswi SMA N 5 Semarang yang terus ada bahkan hingga penghujung acara. Juga banyak pertanyaan dan pendapat yang dilontarkan peserta selama sosialisasi.

“Ya tentunya kami senang sekali dengan antusiasme peserta Youthopia Fair ini. Tapi lebih dari itu kami berharap kesadaran atau awareness mengenai urgensi cyberbullying atau bahkan real bullying menjadi semakin meningkat." ujar Bianca Abigail, Ketua Pelaksana Youthopia Fair.

Dengan adanya acara ini, diharapkan dapat menjadi satu langkah untuk menambah pengetahuan mengenai cyberbullying. Dan semakin sadar bahwa internet positif tidak hanya tentang media sosial semata, tapi juga menjadi sarana untuk mengembangkan diri dan bakat bagi anak muda.


(Red/CN19/SM Network)