• KANAL BERITA

Guru MI dan RA Yaspinamat Bersemangat Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

TENGARAN, suaramerdeka.com - Sebanyak 20 guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Roudhotul Athfal (RA) di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Amanat Ummat Tengaran (Yaspinamat) mengikuti pelatihan jurnalistik yang digelar Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) Yogyakarta, Rabu (13/11).

Pelatihan jurnalistik dengan tema Citizen Journalism ini merupakan wujud pengabdian kepada masyarakat dari para dosen pengajar Program Studi Manajemen Produksi Pemberitaan STMM Yogyakarta. Dengan menggandeng Yaspinamat diharapkan pelatihan ini mampu memberikan manfaat khususnya bagi lembaga tersebut.

Terdapat lima orang dosen STMM Yogyakarta yang menyampaikan pelatihan kali ini, sebutlah Siti Asiatun, Dwi Korina Relawati, Sudono dan Supardi serta seorang mahasiswa manarita Erygo Pangestu. Mereka menyampaikan bimbingan teknis Citizen Jurnalism kepada peserta.

Peserta pelatihan diperkenalkan dengan Jurnalistik Warga, Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Mereka juga dibekali cara untuk menulis Naskah Berita, Fotografi dengan Smartphone dan Pembuatan Website. Meski usia peserta sangat bervariatif, tidak menyurutkan semangat mereka untuk berkarya. Masing-masing peserta harus mampu berburu informasi dan mengemasnya dalam bentuk berita jurnalistik, baik berupa foto maupun video liputan.

Pelatihan bertempat di Madrasah Aliyah (MA) Nurul Islam Tengaran  boarding school Desa Klero Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. Selain MI dan RA, Yaspinamat juga mengundang peserta dari sekolah swasta lainnya, sebutlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Sudirman Susukan, MI Terpadu (MIT) Al Barokah dan MI Program Khusus (MIPK) Al Iklas serta pemuda setempat.

 


(Andika Primasiwi/CN26/SM Network)