• KANAL BERITA

RSUD Ajibarang Terus Lakukan Terobosan Inovasi

Sistem Pendaftaran Online dan Pokoke Jaim Diluncurkan

TINJAU STAN: Bupati Banyumas Achmad Husein bersama Direktur RSUD Ajibarang dr Widyana Greshastuti SpOG saat meninjau stan pameran RSUD Ajibarang saat Pameran Pelayanan Publik Bidang Pendidikan dan Kesehatan di Sasana Krida GOR Satria Purwokerto, Selasa (12/11) sore. (suaramerdeka.com / M Abdul Rohman)
TINJAU STAN: Bupati Banyumas Achmad Husein bersama Direktur RSUD Ajibarang dr Widyana Greshastuti SpOG saat meninjau stan pameran RSUD Ajibarang saat Pameran Pelayanan Publik Bidang Pendidikan dan Kesehatan di Sasana Krida GOR Satria Purwokerto, Selasa (12/11) sore. (suaramerdeka.com / M Abdul Rohman)

PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ajibarang terus melakukan terobosan inovasi untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Saat ini rumah sakit milik pemerintah daerah itu membuka kanal pendaftaran online bagi pasien rawat jalan yang hendak berobat, guna meminimalisasi panjangnya antrean di loket pendaftaran.

Selain itu, rumah sakit plat merah itu juga memiliki pelayanan Pijak Oksitosin dan Konsultasi Kesehatan Jiwa Ibu Melahirkan (Pokoke Jaim). Hal itu dibenarkan Ketua Tim Pelayanan Publik RSUD Ajibarang, Esti Dwi Anani saat kegiatan Pelayanan Publik Bidang Pendidikan dan Kesehatan di Sasana Krida GOR Satria Purwokerto, Selasa (12/11) sore.

Menurut dia, rumah sakit di Jalan Raya Pancasan Ajibarang itu sudah beberapa bulan ini telah melayani pendaftaran online pasien rawat jalan. "Jadi, masyarakat yang ingin berobat ke RSUD Ajibarang, kini sudah bisa dilakukan melalui sistem online. Jadi tanpa perlu lama antre, hanya dengan mengakses alamat di google chrome: daftarolrsudajibarang.banyumaskab.go.id," beber dia.

Dijelaskan, hal ini guna memudahkan sekaligus, mempersingkat waktu tunggu saat pendaftaran secara manual. Untuk pendaftaran online, berlaku untuk pasien lama atau pasien yang sudah pernah datang ke RSUD Ajibarang dan telah mempunyai nomor rekam Medis. Pendaftaran dengan sistem online dapat dilakukan dalam jangka waktu maksimal H-2 sebelum tanggal kunjungan.

Untuk selanjutnya, kata dia pasien datang pada hari sesuai tanggal kunjungan, dengan menunjukkan bukti pendaftaran online. Sebagai rumah sakit dengan akreditasi Paripurna, pihaknya memang bertekad melayani dengan ceria, cermat, efisien, ramah, ikhlas dan aman. "Setelah mengakses google chrome di portal pendaftaran online, nanti pasien tinggal login dan membuat akun," tutur dia.

Selain itu dia juga menjelaskan mengenai layanan Pokoke Jaim yang dibuka setiap hari Sabtu. Layanan ini diperuntukkan bagi para ibu melahirkan. Alur pelayanan yang dilakukan yakni dengan kontrak waktu dengan ibu postpartum, menyiapkan sarana dan prasarana, edukasi pijat oksitosin, konsultasi kesehatan jiwa dan diskusi.

"Ini merupakan layanan baru kepada para ibu melahirkan agar mendapatkan layanan konsultasi serta pijat oksitosin agar air susu ibu (asi) untuk si bayi bisa maksimal. Karena memang ibu melahirkan perlu dapat edukasi mengenai cara pemijatan oksitosin dan mendapatkan konsultasi jiwa agar tidak gampang stres, sehingga asi benar-benar maksimal," tutur dia.


(M Abdul Rohman/CN26/SM Network)