• KANAL BERITA

Stop Kebiasaan The Power of "Kepepet"

Foto: istimewa
Foto: istimewa

PELAJAR atau mahasiswa tidak asing dengan kata "SKS". Itu bukan Satuan Kredit Semester melainkan Sistem Kebut Semalam. Kebut di sini bukan berarti kebut-kebutan di jalan raya, tapi kebut (cepat) dalam mengerjakan tugas. Ya, tugas menjadi bagian kewajiban mahasiswa.

Ironisnya, tak jarang mahasiswa malas dan menunda tugas kuliah hingga menumpuk, dan akhirnya menjadi kebiasaan. Mahasiswa mengerjakan tugas sehari sebelum dikumpulkan, atau bahkan lembur semalaman untuk mengerjakan.

Sebagian besar mengganggap "SKS" sebagai cara yang efektif mengerjakan tugas, banyaknya tugas kuliah yang menumpuk dengan deadline bersamaan padahal sebenarnya ada  banyak waktu senggang yang dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan tugas, namun tetap memilih mengerjakan segala sesuatu di H-1, terbiasa menunda-nunda "ah masih lama kok, main aja dulu, santai aja besok pas waktunya juga selesai kok".

Alasan ini yang sering terjadi. Walapun sebenarnya jika dikerjakan dengan SKS hasilnya tidak maksimal. Banyak juga yang mengatakan "kalau nggak kepepet idenya nggak bakal muncul, pokoknya the power of kepepet".    

Ketika tugas terus berdatangan hingga menumpuk dengan deadline berdekatan, kebayangkan gimana pusingnya mengerjakan tugas mepet?  Ada baiknya  jangan sepelekan hal ini, kenapa? Ya, selain bisa berdampak pada nilai kuliah yang tidak maksimal karena mengerjakan dengan ala kadarnya. Hal ini juga berdampak pada kesehatan, dengan "SKS" ini Kamu terbiasa untuk begadang atau lembur yang tentunya tidak baik buat kesehatan.

Telah banyak penelitian yang dilakukan untuk membuktikan bahwa kebiasaan kurang tidur akan menyebabkan penyakit stroke. Misalnya saja penelitian yang dilakukan Warwick Medical School dalam publikasi European Heart Journal yang menyebutkan bahwa jika tidur kurang dari enam jam setiap hari, dapat meningkatkan serangan stroke yang dapat mengakibatkan kematian sebanyak lima belas persen.

Jadi lebih baik hindari Sistem Kebut Semalam gaes. "SKS" bukan jalan terbaik untuk mengerjakan tugas. Namun jika cara ini memang jalan satu-satunya, jangan asal kerjakan dengan copy-paste, tapi tetap dikerjakan dengan niat ya. Kondisi badan juga diperhatikan.

Salah satunya dengan tidur cukup, siapkan vitamin untuk menjaga kestabilan tubuh. Terlepas dari mengerjakan tugas jauh-jauh hari ataupun di H-1 Kamu harus tetap semangat mengerjakan tugas demi masa depan. Bersusah payah dulu mengerjakan tugas, lalu santai kemudian.


(Red/CN26/SM Network)