• KANAL BERITA

Sambut Tahun Baru 2019, Rumah Ramah Semarang Gelar Pameran Visual

Foto: suaramerdeka.com/dok
Foto: suaramerdeka.com/dok

EKSPRESI - Ada berbagai cara yang bisa dilakukan pada momen pergantian tahun. Salah satunya pameran visual yang diselenggarakan oleh sekumpulan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Udinus yang tergabung dalam Rumah Ramah Semarang. Mereka menggelar pameran visual bertajuk “Imaginaspace”, dimana karya-karya yang ditampilkan berhubungan dengan ruang imajinasi manusia.

Pameran tersebut diselenggarakan di Rumah Ramah, Jalan Genuk Krajan I, Candisari, Semarang Mulai Senin, 31 Desember 2018 sampai Sabtu, 12 Januari 2019. Ada belasan mural di atas media triplek berukuran 100x120 cm yang merupakan karya dari sejumlah mahasiswa Udinus. Semua karya tersebut merupakan intepretasi dari opini para kreator dalam menanggapi tema ruang imaji.

Salah satu penggagas kegiatan tersebut, Wahyu Krisdianto mengatakan pameran ini merupakan kedua kalinya di gelar. Kali pertama diselenggarakan di akhir tahun 2017 hingga awal tahun 2018. Tujuannya, ia bersama rekan-rekannyaingin membangun interaksi antara sesama Mahasiswa DKV Udinus maupun masyarakat luas.

“Karena memang kita juga sadari di lingkungan kampus pun ada banyak yang kami lihat interaksi antar mahasiswa belum sepenuhnya terbangun. Dari situ juga menimbulkan harmonisasi hubungan kami kurang begitu hangat. Dengan adanya kegiatan ini kami berharap semua bisa berkumpul, berbaur, berbagi sekaligus membangun hubungan baru dengan masyarakat di luar lingkup kampus,” kata Wahyu usai pembukaan Pameran.

Selain menjalin hubungan antar sesama mahasiswa maupun masyarakat di luar lingkup kampus, Wahyu menilai kegiatan tersebut juga sebagai ajang bertukar pikiran. Dimana dengan adanya sebuah perkumpulan, selain memperluas lingkaran pertemanan juga bisa bertukar gagasan antar mahasiswa maupun masyarakat.

“Ini memang mahasiswa lintas generasi, bahkan alumni pun juga terlibat dalam penyelenggaraan pameran ini. Karena penting bagi kami untuk membangun sebuah relasi baik sesame mahasiswa, alumni pun dengan masyarakat. Dari situ akan timbul sebuah kerjasama yang nantinya bisa dilakukan setelah kita terjun di Masyarakat. Ini juga merupakan sebuah kegiatan dimana kami mengaplikasikan apa yang di dapat dari perkuliahan untuk di realisasikan pada kegiatan yang nyata,” beber Mahasiswa semester 7 tersebut.

Ketua RW 1, Genuk Krajan, Tegalsari, Candisari, Rusman Sayogo hadir dalam pembukaan pameran tersebut. Dia sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Rumah Ramah itu. Menurutnya kegiatan semacam ini sangat perlu digelar di tengah masyarakat sebagai upaya memerangi tindakan-tindakan negatif seperti penyalahgunaan narkoba.

“Saya melihat apa yang dilakukan adik-adik di sini itu saya sangat senang. Ada sebuah kegiatan di kampung ini yang tentunya sangat positif. Ini memang selayaknya digelar di tengah masyarakat karena ini juga sangat jauh dari yang namanya tindak kejahatan, ataupun perbuatan negatif lainnya seperti penyalahgunaan narkoba,” kata Rusman.

Rusman berharap kegiatan tersebut rutin dilaksanakan. Ia sangat mendukung dan mengharapkan bisa lebih melibatkan banyak orang termasuk warga dikampungnya.

“Ya semoga penyelenggaraannya bisa terus dilaksanakan. Saya juga melihat karya-karya yang dipajang juga sangat bagus ada yang bahas sosial, ada yang bahas budaya dan sebagainya, saya sangat mengapresiasi itu. Semoga ke depan penyelenggaraannya semakin baik dan saya akan mendukung,” pungkas Rusman.

Selain menampilkan karya mural, pihak penyelenggara juga menyuguhkan berbagai pertunjukan di antaranya live painting dan live accoustic serta screening film Rumah Ramah di hari terakhirnya. Adapun live painting dilakukan dengan menggambar di atas media sepeda motor tua yang dilakukan oleh sejumlah seniman dari Mahasiswa DKV Udinus. Sementara iru, pameran tersebut akan berlangsung hingga 12 Januari 2019 nanti. Setiap harinya akan dibuka untuk umum mulai pukul 18.00 hingga 23.00.


(Red/CN42/SM Network)