Kirab Budaya Dasa Warsa Desa Wisata Kandri

23 Januari 2023
Kirab budaya dengan mengusung sejumlah gunungan hasil bumi dilaksanakan warga di Kandri, Gunungpati, Minggu (22/1/2023). Prosesi tersebut merupakan rangkaian Nyadran Sendang Gede, sekaligus untuk merayakan sepuluh tahun Kandri sebagai salah satu desa wisata unggulan di Kota Semarang.
Sebelum kirab budaya, digelar mujahadah di Sendang Gede, bersih-bersih dan selamatan di sumber air yang sama. Kemudian ada Kirab Tirta Suci Dewi Kandri dilanjutkan pawai obor.
Panitia Dasa Warsa Desa Wisata Kandri, Masduki menjelaskan, gunungan berupa sembako, hasil bumi, buah-buahan, dan makanan merupakan wujud rasa syukur warga kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala keberkahan yang melimpah.
Pada prosesi itu ada kepala sapi yang dikirab bersama gong dan jadah. Kepala sapi sebagai perwujudan pengetahuan orang tua di Kandri dalam mendidik anaknya agar pintar, gong sebagai simbol menyuarakan Kandri sampai tingkat internasional, dan jadah simbol untuk merekatkan warga.
Di Sendang Gede juga digelar sejumlah ritual, antara tari-tarian dan doa, pengambilan air sendang yang kemudian dituangkan ke ladang atau sawah, dan diakhiri dengan makan bersama seluruh warga
Plt Wali Kota Semarang, Havearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, ‘Kegiatan seperti ini, ke depannya, agar lebih besar lagi, sehingga mendatangkan wisatawan. Kita harus banyak mendatangkan wisatawan domestik maupun manca negara,’ katanya.
Dia juga berharap kegiatan di wilayah Gunungpati dikemas dan terintegrasi dengan daerah lain. Berikut foto-foto bidikan Nugroho DS.

Images Lainnya

X