Rumah Baru bagi Penyandang Cacat Ganda

6 Desember 2022
Penghuni Panti Asuhan Cacat Ganda Bhakti Asih memiliki gedung baru di Jalan Emplak No.1-3, Pendrikan Kidul, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Gedung yang berdiri di lahan seluas 1.800 meter persegi ini memiliki kapasitas 30 orang di lantai satu dan 30 pasien di lantai dua.
Selain itu, di gedung milik Yayasana Soegijapranata itu ada dua ruang terapi tertutup, satu ruang terapi bola, satu ruang terapi terbuka, satu kolam terapi, dan dua wisma pastoral. Peresmian dilaksanakan Selasa (6/12/2022) oleh Plt Wali Kota Semarang Hevearita G Rahayu.
Dia mengapresiasi pemberian pelayanan maksimal dari yayasan untuk anak-anak yang ada di Panti Asuhan Cacat Ganda Bhakti Asih tersebut. Anak-anak yang masuk di panti tersebut tak hanya dari Kota Semarang. Kendati demikian dia menjamin bahwa Pemkot Semarang akan terus mendukung dan memberikan fasilitas pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik untuk anak-anak di panti itu.
‘Mereka adalah anak-anak yang harus kita bantu, diharapkan kita bisa memberikan support dan hal-hal yang diperlukan seperti tadi masalah legalitas KK, akta, dan lain sebagainya. Pemkot Semarang Alhamdulillah sudah memberikannya,’ katanya.
Sementara itu, ketua panitia pembangunan gedung Panti Asuhan Cacat Ganda Bhakti Asih, Adri Rahardja menjelaskan, rancang desain dan pembangunan gedung direncanakan dilaksanakan di akhir 2018, akan tetapi terhenti karena pandemic Covid-19. ‘Di tahun 2021, pengurus dan pantia melanjutkan rancang desain, yang kemudian pada September 2021 gedung ini mulai dibangun. Rencana pembangunan selama 10 bulan, yang akhirnya terealisasi menjadi 12 bulan.’
Panti Asuhan Cacat Ganda Bhakti Asih sebelumnya berada di Jalan Dokter Ismangil, Kelurahan Bongsari, Kecamatan Semarang Barat. Kemudian pindah karena kapasitas, bangunan, dan fasilitas yang ada disana sudah tidak memadai. ‘Saat ini ada 31 pasien dengan 30 staf. Sudah ada lima pasien baru dari Brebes, Tegal, dan Kendal yang menanti masuk. Semoga dengan terselesaikan bangunan ini, dengan fasilitas yang lebih lengkap, anak-anak berkebutuhan khusus dapat menerima perawatan lebih baik,’ katanya.

Images Lainnya

X