Kirab 21 Gunungan, Puncak Kerinduan Berekspresi Seniman

4 Desember 2022
Kirab dua puluh satu gunungan yang merupakan karya dari 21 kecamatan di Kabupaten Magelang, seolah mengobati kerinduan warga akan adanya pesta rakyat. Prosesi itu merupakan rangkaian acara Ketep Summit Fest. Gelaran seni tersebut sempat absen lantaran tingginya kasus Covid-19. Mulai Jumat (2/12/2022) hingga Minggu (4/12/2022)., warga dan pengunjung Ketep Pass diajak ‘berpesta’, menikmati berbagai sajian kesenian sembari menyaksikan pemandangan Gunung Merapi.
Kirab gunungan dimulai dari Desa Banyuroto, peserta kemudian berjalan kaki menyusuri lembah Gunung Merapi hingga berakhir di Ketep Pass, Kabupaten Magelang. Gunungan dari masing-masing kecamatan menampilkan kreasi dan potensi yang ada, kemudian diarak dengan pasukan bregodo maupun kesenian tradisional.
Setelah dikirab, 21 gunungan itu kemudian diperebutkan warga. Menurut Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein, kirab gunungan tersebut sebagai wujud syukur warga atas rezeki dan panen yang melimpah.
Selama tiga hari, selain kirab gunungan, digelar pula pentas tari, musik, hingga seni tradisi digelar di objek wisata yang berada pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut itu.
Menurut Direktur Ketep Pass Mul Budi Santoso, Ketep Summit Fest mengambil tema ‘Symphony Rindu’. Tema itu memiliki makna kerinduan berekspresi dan berkarya para seniman, setelah berdiam di rumah akibat adanya pandemi Covid-19.

Images Lainnya

X