Mengubah Limbah Kertas Jadi Patung Wayang

30 November 2022
Berawal dari keresahan dan kegelisahan menjumpai kertas koran untuk pembungkus makanan, Wisnu Wijanarko warga Jl Candi Penataran, Kalipancur, Ngaliyan, Semarang mencoba membuat kreasi patung wayang dari limbah kertas. ‘Kertas koran sebenarnya tidak untuk pembungkus makanan karena tidak sehat. Saya kemudian mulai mengedukasi ke masyarakat bahwa kertas koran dan limbah kertas lainnya sebaiknya dipakai untuk kerajinan, bukan untuk membungkus makanan,’ kata dia, saat ditemui di rumah yang sekaligus untuk tempat produksi, Rabu (30/11/2022).
Sekitar tahun 2015 dia mulai mencoba membuat tokoh-tokoh wayang dari limbah kertas. Ada limbah kertas koran, buku-buku bekas, dan kertas-kertas lain yang sudah dibuang oleh pemiliknya, serta kain perca. Bahan tersebut sebagian dipotong-potong untuk dibuat tokoh wayang berukuran kecil, selebihnya dihancurkan dan dibuat bubur untuk bahan dasar pembuatan tokoh wayang dengan ukuran lebih besar.
‘Untuk tokoh wayang berukuran kecil, satu hari bisa sampai 15 patung. Kalau yang besar, proses pengerjaannya bisa 3-4 hari. Mulai dari membuat bubur kertas, membuat dan membentuk karakter wayang, hingga memberi aksesori,’ kata dia.
Selain untuk mengedukasi agar limbah kertas tidak untuk pembungkus makanan, lewat patung wayang yang dibuat, Wisnu Wijanarko ingin agar generasi muda bisa mengetetahui tokoh-tokoh wayang secara jelas. Anak-anak generasi sekarang akan lebih gampang mengenali tokoh-tokoh wayang lewat karya tiga dimensi.
‘Kalau melihat wayang dua dimensi seperti wayang kulit, anak-anak akan gampang lupa. Akan tetapi bila melihat secara utuh tokoh wayang yang berbentuk patung, mereka akan terus ingat. Mereka bisa meraba aksesori yang dikenakan tokoh wayang, melihat baju yang dikenakan tokoh wayang, dan sebagainya,’ kata Wisnu Wijanarko.
Selain untuk media edukasi ke generasi muda, patung wayang hasil karya Wisnu Wijanarko juga dijual. Pembeli dari sejumlah kota di Jawa, seperti Semarang, Yogyakarta, dan Magelang. Bahkan ada pembeli dari Bali. Mereka memesan lewat online. Harga patung wayang berukuran besar antara Rp 100.000 dan Rp 200.000. Adapun yang berukuran kecil antara Rp 15.000 dan Rp 20.000.

Images Lainnya

X