Menengok Bengkel Perahu Nelayan di Tambaklorok Semarang

29 November 2022
Layaknya kendaraan, perahu atau kapal nelayan perlu perawatan. Di dermaga Tambak Lorok Semarang, ada tempat restorasi atau bengkel untuk perbaikan kapal. Perbaikan bisa secara menyeluruh atau sekadar memperbaiki performa perahu agar tampil menawan.
Kerusakan yang sering terjadi adalah pada lambung kapal, yakni berlubang karena menghantam benda keras atau karang, serta keropos karena usia perahu dan pengaruh air laut. Ada pula yang rusak di bangian mesin atau komponen kapal. Selebihnya perawatan rutin seperti pelapisan dan pengecatan ulang.
Perbaikan ringan perahu atau kapal membutuhkan waktu sekitar satu minggu. Akan tetapi bila kerusakannya banyak atau parah, bisa lebih lama. Pekerja perbaikan kapal juga berprofesi sebagai nelayan. Hanya saja ada beberapa orang nggak tidak bisa mengerjakan sendiri. Mereka akhirnya menggunakan tenaga atau jasa temannya.
Perawatan kapal sebaiknya dilakukan dua sampai tiga kali kali dalam setahun. Hanya saja nelayan kerap melakukan perawatan setelah ada kerusakan. Sebab, biaya perbaikan relatif mahal, antara Rp 2 juta dan Rp 5 juta, tergantung dai kerusakan dan bagian-bagian yang harus diperbaiki.

Images Lainnya

X