Ritual Tapak Jaran Sembrani dan Ajakan Melestarikan Sungai Gendu

27 November 2022
Ritual Tapak Jaran Sembrani digelar di Sungai Gendu kawasan lereng Gunung Merbabu, tepatnya di Dusun Warangan, Desa Muneng Warangan, Kecamatan Pakis, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (27/11/2022). Tradisi turun temurun tersebut dilakukan untuk menjaga Sungai Gendu dan mata air Tapak Jaran Sembrani yang diyakini dapat mengobati penyakit mata dan penyakit kulit.
Prosesi diawali dengan pembacaan doa sembari berjalan menyusuri jalan setapak di hutan menuju ke Sungai Gendu. Ritual tersebut diikuti oleh sejumlah seniman dan tokoh adat setempat.
Di sungai itu terdapat Tapak Jaran Sembrani yang diyakini berkhasiat mengobati penyakit. Peserta ritual kemudian berdoa bersama sembari menggelar aksi teatrikal. Mereka juga membasuh muka dan badan sebagai bagian dari prosesi Tapak Jaran Sembrani. Bunga mawar warna merah dan putih juga disebar di area sungai tersebut.
‘Tapak Jaran Sembrani ini sudah ada sejak dulu dan ritual sudah turun-temurun dilaksanakan,’ kata Handoko, Ketua Sanggar Dhom Shuntil yang menjadi tuan rumah prosesi tersebut.
Setelah prosesi di Sungai Gendu selesai, peserta ritual kemudian menggelar doa di pelataran sanggar dengan aksi teatrikal. Handoko mengatakan, selain sebagai bentuk nguri-uri budaya, ritual Tapak Jaran Sembrani juga bertujuan untuk menjaga kelestarian Sungai Gendu. Sebelum ritual, juga dilaksanakan bersih-bersih sungai. ‘Kami mengajak warga untuk ikut menjaga lingkungan, menjaga sungai dan air yang mengalir,’ kata Handoko.

Images Lainnya

X