Bersatunya Masyarakat dan Alam pada Nyadran Gunung Rogokusumo

24 November 2022
Sebagai bentuk rasa syukur atas segala rezeki yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa, warga Desa Silurah, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang menggelar kirab budaya dengan membawa hasil panen, gunungan hasil bumi, sejumlah tanaman, Kamis (24/11/2022).
Prosesi tersebut merupakan rangkaian Nyadran Gunung Rogokusumo yang digelar hingga Jumat (25/11/2022). Kirab dimulai dari lapangan desa hingga objek wisata Taman Syailendra. Dengan mengangkat tema ‘’Menyatu dengan Alam’’, menurut Kepala Desa Silurah Suroto, gelaran tersebut diharapkan bisa mengingatkan warga untuk selalu menjaga lingkungan.
Karena itu, selain kirab hasil bumi, dilaksanakan pula pelepasan burung, penanaman pohon, penyebaran benih ikan di sungai, pentas seni, wayangan, dan prosesi nyadran.
Nyadran Gunung Rogokusumo dilaksanakan secara turun temurun pada Jumadil Awal kalender hijriyah, tepatnya pada hari Jumat kliwon. ‘Prosesi ini rutin dilaksanakan, sebagai wujud syukur masyarakat atas segala keberkahan dari Tuhan Yang Mahas Esa,’ kata Suroto.

Images Lainnya

X