Jalur Darat ke Makam Syekh Mudzakir Terganggu

21 November 2022
Jalur darat menuju makam Syekh Abdullah Mudzakkir atau Mbah Mudzakkir di Dukuh Tambaksari, Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, dalam beberapa hari ini terganggu. Sebab, jembatan penghubung ke tempat tersebut putus akibat dihantam ombak besar pada Sabtu (19/11/2022). Warga bergotong royong memperbaiki agar akses bisa pulih kembali.
Menurut Ny Tumirah, warga setempat, Jumat malam (18/11/2022), ombak besar menerjang kawasan tersebut. Sabtu dini hari mendadak terdengar suara kayu patah. Setelah dicek ternyata jembatan putus ditejang ombak. Warga kemudian bergotongh royong memperbaiki agar bisa segera dilalui pengunjung atau peziarah.
Syekh Abdullah Mudzakkir merupakan ulama besar asal Demak juga pejuang kemerdekaan Indonesia. Mbah Mudzakkir lahir di Dusun Jago, Desa Wringinjajar, Kecamatan Mranggen tahun 1869. Dia turut berperang melawan Belanda di Jembatan Merah Surabaya bersama gurunya KH Abbas Butet Cirebon.
Makam Mbah Mudzakkir menjadi tempat wisata religi yang kerap dikunjungi wisatawan atau peziarah. Makam itu menjadi sorotan lantaran dianggap seperti bunga teratai. Pasalnya, tetap terapung meski daratannya telah terkikis.
Pada tahun 1995, daratan makam Syekh Abdullah Mudzakkir yang berada di pemukiman itu terkena abrasi. Area di sekitar makam hilang terkikis air laut. Hanya makam Syekh Abdullah Mudzakkir dan keluarganya yang masih terapung dan tidak tenggelam meski dikelilingi air laut.

Images Lainnya

X