Menceritakan Biografi Pahlawan Nasional

9 November 2022
Menyambut Hari Pahlawan 10 November, siswa SD Pekunden Semarang berdandan menyerupai pahlawan nasional. Mereka juga menceritakan biografi pahlawan tersebut di hadapan teman-temannya, guru, dan sejumlah orang tua, Rabu (9/11/2022). Kegiatan tersebut sebagai upaya sekolah untuk lebih mengenalkan sejarah bangsa dan para pahlawannya kepada anak didik.
Menurut Kepala Sekolah SD Pekunden Abdul Khalik, kegiatan tersebut dilombakan. Lewat lomba mirip pahlawan seluruh siswa terlibat mencari siapa pahlawan yang mirip dengan dirinya. ‘Karena harus mencari yang mirip, mereka akan mencari sekian pahlawan. Otomatis dia akan memilah, mengenal banyak pahlawan. Selanjutnya mereka menulis biografi pahlawan di kertas. Dengan menulis, siswa akan membaca dan mengingat,’ katanya.
Siswa menceritakan biografi dengan dresscode atau kostum yang sesuai dengan yang pahlawan yang dipilih. ‘Dengan demikian, hari pahlawan ini masuk di sanubarinya, tidak hanya mirip dengan pahlawan, akan tetapi prilakunya juga sama dengan pahlawan itu. Bila upacara biasa, anak hanya akan mendapatkan rasa nasionalisme saja,’ kata Abdul Khalik.

Images Lainnya

X