Mendekatkan Wayang kepada Generasi Muda

8 November 2022
Salah satu upaya mendekatkan wayang kepada generasi muda adalah dengan menggelar World Wayang Way. Kegiatan yang dilaksanakan Sanggar Kinnara Kinnari Magelang itu mengajak anak-anak muda untuk mengerti dan mencitai wayang.
Selama dua hari, Minggu dan Senin (6-7/11/2022), mereka diajak menyaksikan pementasan wayang beber, pementasan wayang kulit, pementasan pituturan dongeng wayang. Peserta juga diajak mengikuti workshop wayang, meditation walk, dan doa bersama.
Meditation walk atau laku wayang adalah perjalanan hening membawa wayang menuju pelataran candi Borobudur. Perjalanan dimulai dari Kampung Semar menuju ke candi tersebut. Di pelataran Borobudur, peserta diajak mengelilingi candi dengan membawa wayang. Laku wayang dilakukan dalam situasi hening, semua peserta berjalan sambil diam.
Menurut pembimbing Sanggar Kinnara Kinnari sekaligus penggagas World Wayang Way, Eko Sunyoto, kegiatan tersebut sekaligus dalam rangka Hari Wayang yang diperingati setiap 7 November. Sejak pertama kali digelar pada 2018, World Wayang Way mengutamakan pengenalan wayang kepada kaum muda. Pasalnya, mereka mengenal wayang hanya dari jauh, yakni lewat buku atau pementasan. ‘Dengan World Wayang Way, kami dekatkan wayang kepada generasi muda,’ ujarnya.
Pimpinan Sanggar Kinnara Kinnari Loh Sari Larasati mengungkapkan, peserta World Wayang Way dari berbagai kota di Jawa Tengah dan DIY. ‘Kami berharap pada gelaran mendatang, peserta lebih banyak karena kami ingin generasi muda tidak lupa wayang,’ kata dia.

Images Lainnya

X