Menularkan Seni Fashion Drawing ke Penghuni Lembaga Pemasyarakatan Perempuan

8 November 2022
Banyak cara untuk mengembalikan kepercayaan diri narapidana yang sedang menjalani hukuman, salah satunya lewat pembelajaran fashion drawing, seperti yang dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) IIA Semarang, Selasa (8/11/2022). Wanita-wanita penghuni tempat tersebut diberi bekal ilmu fashion drawing, sekaligus menerapkan hasil karyanya tersebut menjadi baju-baju yang memiliki nilai jual tinggi.
Menurut Kepala Seksi Bimbingan Kerja LPP IIA Semarang Rini Sulistyowati, selain menularkan ilmu fashion drawing ke penghuni LPP, juga ada gelar karya fashion show. Dengan adanya berbagai macam kegiatan dan pembekalan, diharapkan bisa mengembalikan rasa percaya diri mereka dan bisa diterima di masyarakat.
Lewat fashion drawing, mereka diharapkan bisa bekreasi lebih jauh dengan kain batik dan ecoprint yang juga dihasilkan di LPP IIA Semarang. ‘Di sini (LPP Semarang) ada kain batik, tapi kalau dijual apa adanya hanya berupa kain, akan kalah bersaing dengan lainnya. Karena itu, lewat fashion drawing mereka diharapakn bisa berkreasi lebih jauh. Pembuatan model baju sesuai dengan pola yang dibuat lewat fashion drawing.’
Desainer Entin Gartini berharap transfer ilmu seni fashion drawing bisa bermanfaat untuk penghuni LPP IIA Semarang, sekaligus bisa menjadi bekal kelak setelah mereka bebas. ‘Semoga tahun depan gambar-gambar yang dibuat sudah menjadi baju dan bisa dipamerkan lewat fashion show,’ katanya.

Images Lainnya

X